Mengawali tahun 2016 dengan Yoga

mengawali tahun 2016 dengan yoga dan 5 hal yang harus dilakukan pada saat yoga 2

Kadang saya suka terkagum-kagum sendiri dengan apa yang “Yoga” lakukan dalam hidup dan tubuh saya. Dan tahun 2015 adalah tahun dimana saya sangat bersemangat melakukan yoga. Dan bisa dipastikan saya jarang sakit karena badan saya selalu panas, “on fire” dan menggebu-gebu.

Saya punya kondisi kesehatan yang lemah dari kecil dan sering sekali tidak berdaya kalau lagi sakit. Baik itu hanya sakit karena flu, demam ataupun lagi datang bulan. Dengan kondisi tersebut saya benar-benar nga mau terkulai lemah tak berdaya, saya harus melakukan sesuatu. Sedari awal saya tau kalau obatnya hanya olahraga, tapi nga tau olahraga apa yang cocok dengan saya.

Setelah mencoba beberapa jenis olahraga, akhinya saya fix jatuh cinta dengan yoga. Apa sich yang dilakukan Yoga dalam hidup saya. Pada awalnya sama seperti teman-teman yang lain saya sangat ogah-ogahan melakukan gerakan yoga di kelas. Padahal kelasnya hanya sekali seminggu tapi rasanya koq berat bangat. Dimana dikelas tersebut sebagai pemula saya dihadapkan sama teman-teman peserta yoga yang sudah bertahun-tahun ikut kelas ini.

Sudah pasti saya jauh tertinggal dari mereka-mereka dan itu membuat saya sering putus asa dengan diri saya sendiri. Yang buat saya bertahan hanya karena teman kantor saya Tiara, hampir tidak pernah absen datang ke kelas. Mau nga mau saya juga jadi ikutan nga pernah absen secara saya nebeng ama dia dari kantor. Dari yang terpaksa dan ogah-ogahan, saya mulai naik kelas dengan menjalani gerakan yoga sebagai rutinitas. Saya terus melakukan sampai saya nga tau nanti tujuannya akan kemana.

 

mengawali tahun 2016 dengan yoga dan 5 hal yang harus dilakukan pada saat yoga 2

Jatuh Cinta dengan Yoga.

Awal mula saya jatuh cinta dengan Yoga adalah saat saya ketemu langsung dengan gurunya guru saya yaitu Bapak Jarot. Umurnya saat ini sudah masuk 78 tahun kalau tidak salah. Perawakannya sangat sederhana tapi sehat dan bugar. Badannya tegap dan tidak ada sedikitpun raut capek dan sedih diwajahnya. Padahal kalau ditanya mengenai aktivitas sehari-hari, beliau ini sangat aktif mengajar, tiap minggu bisa mengajar 20 kelas dari satu tempat ke tempat yang lain.

Si Bapak ini doyan bangat cerita dan berbagi ilmu mengenai Yoga.  Dan semakin kesini karena sudah dekat dan nganggap si Bapak kayak bapak sendiri jadi banyak bangat hal yang kita tanya dari beliau. Terkadang suka ajaib, si Bapak bisa tiba-tiba telephone hanya buat ngecek saya masih melakukan gerakan yoga tiap hari apa nga. Menanyakan kesediaan saya jika saya punya waktu untuk mengajar atau hanya sekedar menanyakan kegiatan saya. Dan kadang pertanyaannya suka kepo, hehehe..

Beliau lah yang membuat saya terus semangat melakukan gerakan Yoga. Dengan teguran-teguran beliau, nasehat dan pengertian yang selalu baru. Bahwa Yoga itu harus kita alami sendiri dan kalau kita sudah dapat manfaat dari Yoga tersebut kita dapat berbagi ke orang lain. Jangan pernah pelit berbagi ilmu karena kamu nga bakalan rugi. Orang lain hidup sehat dan menjadi semangat karena kamu itu rasanya nga bisa dibeli dengan apapun.

Tidak hanya lewat perkataan, si Bapak mulai meminjamkan buku yang dia kira bagus untuk saya baca. Sehinga saya punya bekal ketika saya berbagi dengan orang lain. Dan beliau juga yang sampai hari ini mendorong saya untuk terus mengajar. Karena ketika kita mengajar bukan hanya murid saja yang pinter, otomatis kamu sebagai guru juga akan belajar banyak hal dari murid kamu. Aduhh benar-benar si Bapak menginspirasi saya bangat dech.

Karena melihat keteladanan beliau, saya terpacu untuk menjadikan diri saya nantinya kalau berusia lanjut harus seperti beliau. Sehat, enerjik, selalu semangat menjalani hidup dan berguna buat orang lain. Beliau lah yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk dimasa tua nantinya akan menjadi pengajar yoga.

Sehingga dari yang ogah-ogahan sekarang saya benar-benar jatuh cinta dengan Yoga. Bukan saja kebiasaan saya yang berubah, tetapi pola pikir dan cara saya melihat sesuatu juga ikutan berubah. Dari yang hanya sekali seminggu, saya jadi ketagihan untuk setidaknya melakukan gerakan yoga 3 – 5 kali dalam seminggu.

Yoga tidak hanya sekedar gerakan.

Jatuh cinta dengan Yoga, membuat saya mengerti bahwa Yoga tidak hanya sekedar melakukan gerakan, tapi juga berimbas kepada pola makan saya juga. Mulai ngerti kalau semua yang masuk ketubuh juga harus bisa kita atur, kontrol dan kita pilah-pilah.  Baik itu mengatur pola makan dan minum juga mengatur informasi apa saja yang masuk ke pikiran. Dan kalau semua menumpuk jadi satu, saya dianjurkan guru saya untuk menenangkan diri dengan duduk bersilah, melakukan meditasi dan pranayama.

Simple bangat tapi serius hal ini benar-benar membantu. Ketika meditasi dan pranayama, pikiran, nafas, gerakan jantung dan setiap sel yang ada di tubuh perlahan-lahan ritmenya melambat dan tubuh kembali rileks dan merasakan sensasi nyaman. (Untuk tau lebih detail tentang pranayama dapat dibaca disini).

Meditasi dan pranayama membantu membuang racun-racun yang ada ditubuh kita. Baik itu racun yang menyumbat diperedaran darah akibat lemak dan bahan-bahan kimia. Racun tersebut dapat juga berupa memori, trauma, pikiran negatif dan perasaan terluka ataupun tersakiti yang secara tidak sengaja terjadi atau tidak kita sadari.

Jadi saya tidak punya alasan lagi untuk tidak jatuh cinta dengan Yoga. Karena saya sudah mengalami dan merasakan manfaatnya, sehingga inilah motivasi saya untuk terus berpacu serta selalu rajin melakukan gerakan yoga.  Saya berharap dengan membaca artikel ini teman-teman juga tertular dan merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

15 thoughts on “Mengawali tahun 2016 dengan Yoga”

    1. Mulai yuk tahun ini belajar yoga hehehe.. Gue bingung kalau ditanyain biaya. Yang ada pada mundur teratur lagi hiksss..

    1. Kalau yang difoto-foto memang biasanya yang ditonjolkan yogi2 itu pose yang sulit Safitri. Tetapi sesungguhnya nga sesulit itu koq. Karena kalau untuk basic semua dimulai dari gerakan-gerakan sederhana tapi menguras keringat.

    1. Benar mas, aerobik itu benar-benar menguras keringat dan lemak bangat. Ayo semangat mas, olahraga apapun kalau dikerjain sungguh2 pasti ada hasilnya buat tubuh yang penting olahraga. Semoga selalu rajin biar sehat dan nga gampang sakit.

  1. 2016 tambah semangat ngajar Buuu, kan terbukti dengan yoga sekarang Adel makin seksi dan awet mudaaa 😀 *walaupun kadang2 ngemilnya gila2an*

  2. Kangen sama kelas Yoga kuuuuuu!! :,(( sekarang udah nggak ikut lagi karena sudah tak bergabung jadi member di fitness center deket kantor…

    Ah, jadi kangen dengan kaki yang “ngewel” kalo disuruh pose ksatria…badan yang panas maksimal dan keringat yang mengucur deras!

    kangen! Kangen! Kangen!

    1. Kamu juga suka yoga yach? Gerakannya kelihatan simple tapi menguras keringat bangat. Makanya aku suka bangat ama yoga.

Leave a Reply