Ekapada Raja Kapotasana

ekapada rajakapotasan

ekapada rajakapotasan

Ekapada Raja kapotasana atau One Legged King Pigeon Pose.

Ekapada Raja Kapotasana terdiri dari kata, eka = satu, pada = kaki, raja = raja, kapotasana = gaya merpati. Secara singkat gaya ini adalah rajanya gaya merpati dengan menggunakan satu kaki. Gaya merpati itu sendiri adalah gaya menyerupai merpati yang mana posisi badan melengkung kebelakang.

Pigeon pose atau kapotasana itu sendiri dapat divariasikan dalam beberapa gerakan, dan tingkat paling tinggi dari variasi kapotasana adalah ekapada raja kapotasana. Jujur sampai hari ini saya belum bisa melakukan gerakan ini dengan sempurna, oleh karena itu di foto dan video dibawah, diperagakan oleh teman saya Clara Senna.

Clara Senna atau dipanggil Senna adalah teman nya saya dan Tiara di kantor. Karena kita satu kantor lalu lihat saya dan Tiara tiap hari Kamis selalu rutin yoga. Maka Senna pun tertarik untuk ikutan Yoga. Jadi bisa dibilang Senna ini baru 4 bulan ikutan yoga bareng kami. Dan apa yang terjadi, ternyata nich anak progress nya bagus bangat. Selain bawaan badannya emang lentur, dia nga pernah bolos untuk ikutan yoga. Sehingga hasilnya pun maksimal dan bisa dilihat di video bagian bawah.

Kembali ke ekapada raja kapotasana, pose Yoga ini sangat ditekankan pada tulang punggung dan tulang dada. Dimana gerakan punggung adalah satu dari sekian banyaknya kelemahan saya. Dimana kebiasaan saya yang bungkuk dari kecil membuat saya selalu kesulitan untuk melakukan setiap gerakan backbend. Dan dengan gerakan kombinasi antara pigeon dan kaki dilipat didepan menjadikan dada, punggung, pinggul strech.

Tahapannya:

  1. Satu kaki (kaki kanan) dilipat kedepan dan kaki satunya lagi (kaki kiri) lurus kebelakang.

  2. Kaki yang ada didepan (kaki kanan) harus dekat dengan paha kaki kiri.

  3. Badan tekuk kebelakang bersamaan dengan tangan dan kaki kiri. Sehingga tangan dapat meraih kaki kiri.

  4. Tahan beberapa nafas digerakan ini.

  5. Kemudian ganti kaki dan lakukan langkah 1 – 4 di kaki yang satunya.

Manfaat:

Manfaat Ekapada Raja Kapotasana adalah membuka pinggul, dada dan punggung. Sehingga bagian-bagian tadi menjadi lebih lentur dan elastis. Dengan demikian memudahkan nafas lebih dalam karena permukaan dan kapasitas rongga yang ada di dada menjadi besar. Jantung menjadi sehat dan merangsang kerja saraf, endokrin dan sistem reproduksi (Sumber : Yoga Journal).

 

Untuk mengetahui langkah dalam melakukan gerakan ekapada raja kapotasana dapat melihat video yang ada dilink diatas ini. Selamat mencoba dan tetap semangat dalam melakukan yoga.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

6 thoughts on “Ekapada Raja Kapotasana”

  1. Wow, ini gerakan yang sulit… kerenlah ya Mbak Senna ini, itu nggak kenapa-napa kan sesudah pose demikian? Eh tapi yoga memang begitu ya, kita yang melihat pasti menganggap si pelaku kesakitan tapi ya sebenarnya dia enjoy-enjoy saja :hehe.
    Saya boro-boro deh bisa Mbak, berdiri dari bersila tanpa pegangan saja susah :hihi.

    1. Senna emang keren Gara, hehehe masih baru juga dia ikutan sudah bisa gaya yang sulit. Hehehe, benar Gara lihat dia kelihatannya kesakitan melakukan gerakan tersebut, tapi pas ditanya yang bersangkutan mah biasa-biasa saja.

      Entar kalau Dita rajin ikutan, aku bakalan kasih tunjuk progresnya dia juga yach. Biar yang lain bisa lihat sekaku apapun badan kita kalau terus diolah nanti akan jadi elastis Gara :-).

Leave a Reply