Gupta Padmasana

gupta padmasana 1

Gupta Padmasana – Hidden Lotus.

1. Posisi kaki Padmasana

Gupta Padmasana atau Hidden Lotus Posture adalah gerakan yang dimulai dengan posisi kaki lotus (padmasana).

Posisi duduk lotus itu dapat dilihat dari gambar dibawah ini

 

gupta padmasana hidden lotus 3

 

Dimana telapak kaki kanan menumpu diatas paha kaki kiri, demikian juga sebaliknya telapak kaki kiri menumpu diatas paha kaki kanan. Sehingga didapat hasil akhir kedua telapak kaki saling numpuk diatas paha kita dan membentuk posisi kaki seperti huruf x. Kalau dalam yoga gerakan ini disebut padmasana atau lotus yang mana posisi kaki berbentuk seperti teratai mekar.

2. Perlahan-lahan punggung dipanjangkan sehingga kepala menyentuh lantai.

Kenapa punggung harus dipanjangkan? Supaya posisi tulang belakang kita tidak bongkok ketika hendak menyentuh lantai. Sering kali saya perhatikan ketika posisi menyentuh lantai, kebanyakan kita terburu-buru sehingga yang ada punggung bentuknya melengkung bukannya lurus kedepan.

Posisi tangan ditaruh kedepan sejalan dengan posisi kepala turun menyentuh lantai.

3. Posisi lutut ditegakkan.

Perlahan-lahan lutut ditegakkan sehingga badan bertumpu diatas lutut. Siku tangan menopang badan, mulai sedikit demi sedikit posisi badan maju kedepan. Dengan kondisi seperti ini pantat lebih tinggi daripada kepala. Tahan diposisi ini beberapa menit.

Punggung akan terasa seperti dipijit-pijit dan posisi punggung dan tulang belakang seperti disetting ulang. Diposisi ini bagian yang paling berasa sakit adalah paha karena posisinya ketarik dan kelipat.

4. Dada ditempelkan ke lantai.

Pada saat dada ditempel ke lantai, tangan ditaruh dibelakang dengan posisi telapak tangan saling bertemu. Antara tangan, kaki/paha dan punggung benar-benar di strech.

Manfaat dari Pose Gupta Padmasana adalah:

  • Gerakan ini sangat baik untuk penderita penyakit migran.

  • Memberi peregangan pada bagian tulang belakang.

  • Posisi kaki lotus sangat baik dilakukan ketika melakukan meditasi. Karena pada saat posisi kaki silang dan punggung lurus, konsentrasi tubuh akan sangat fokus.

  • Posisi kaki lotus merangsang kerja panggul, tulang belakang, perut dan kantung kemih, merangsang bagian pencernaan dan memberi sensasi relak bagi sistem syaraf tubuh.

 

 

gupta padmasana hidden lotus 2

Demikian sedikit penjelasan mengenai Pose Gupta Padmasana. Semoga bahasanya dapat dengan mudah dimengerti karena ketika kita melakukannya di rumah, apalagi dengan posisi kaki lotus. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari pose ini.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

6 thoughts on “Gupta Padmasana”

        1. Kurang jelas yach Ryan. Mesti aku buatin video aja kali yach, biar jelas. Soalnya pakai kalimat gitu rada ribet hehehehe

    1. Kalau sudah ada anak kecil emang rada ribet yach mbak ngatur waktunya. Entar kalau si kecil rada gedean dech mbak nyari-nyari tempat belajar yoga nya yach hehehehe..

Leave a Reply