Cara Membuat Tempe Penyet

 

Dikarenakan saya sangat suka dengan tempe. Dimana tempe gampang ditemukan dan diolah seperti apapun pasti enak. Selain sehat, tempe juga dapat dipadu padankan dengan berbagai macam menu. Karena saya adalah melaku food combining, dimana tempe bisa dimakan bersamaan dengan karbohidrat ataupun daging.

Jadi saya nga perlu kuatir bakalan kelaparan, karena dengan memasukkan tempe didalam menu harian saya sudah membuat perut kenyang. Karena gampang ditemui, harganya juga terjangkau dan sehat membuat tempe menjadi menu favorite saya. Tapi supaya sayanya tidak bosan karena terus-terusanΒ makan tempe, kita bisa variasikan cara memasak dan kombinasi bumbu yang ada.

Salah satu menu yang paling saya suka adalah tempe penyet. Karena bagi saya yang tidak begitu bisa memasak sekalipun, cara memasak dengan metode ini paling bisa saya kuasai dan lakukan. Dan setelah mencoba berbagai macam variasi tempe yang pernah saya buat, akhirnya saya nemu caraΒ yang paling saya suka.

Cara membuat tempe penyet.

Bumbu sambal:

  • 1 buah bawang putih
  • 5 buah cabe rawit (sesuai tingkat kepedasan)
  • Terasi
  • Gula
  • Garam

Bahan-bahan:

  • Tempe
  • 2 ikat kemangi

Cara memasak:

Ulek semua bumbu.
Goreng tempe hingga matang.
Taruh sedikit minyak panas dari penggorengan tempe ke sambal. Campur kan minyak hingga merata. Setelah rata taruh tempe dan dicampur sambil ditekan-tekan. Kemudian masukkan kemangi. Masakan sudah siap disajikan.

Selamat mencoba dan selamat menikmati.

 

 

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

56 thoughts on “Cara Membuat Tempe Penyet”

  1. Wah ada videonya :hehe, keren keren. Dan makanan ini meski sederhana tapi nikmat banget dimakan panas-panas, apalagi kalau dengan nasi panas, sambel, dan dinikmati di siang hari bolong :haha. Jadi lapar nih, siang nanti kayaknya makan tempe penyet boleh kali yaa :hehe.

    1. Gimana caranya Nuno? Model kayak subscribe gitu yach? Maaf aku rada gaptek entar tanya2 teman dulu gimana caranya yach?

      Boleh bangat Nuno mengenai blogroll. Ini kita lagi mau pindah2 dan beresin website. Paling lama 2 minggu ini koq. Kalau misalnya berubah alamat, dia otomatis ganti nga sich..hehehehe.

      1. Kayaknya kalo berubah alamat ya pasti berubah juga mbak. Saya juga gaptek. Haha. Saya juga pengen pindah ke self hosting dan ganti nama, tapi masih mikir2. Soalnya pengunjung blog saya udah lumayan.

        1. Mesti banyak2 belajar kita nich soal ginian hehehe..

          Setahun yg lalu sudah pny self hosting tp sistemnya terpisah gitu dgn wp. Akhirnya skrg mau buat hosting yg terintegrasi dgn wp. Dan lagi proses pindah2 Nuno. Semoga nga ada masalah dgn blogroll. Kl sdh jadi aku coba cek lagi ke halaman mu yach.

  2. Aku juga penggemar tempe penyet. apa lagi kalau sambelnya rada asem karena banyak jeruk. Tapi kekurangannya cuma malas bikin sendiri πŸ™‚

    1. Oooyaaa.. kalau dikukus bukannya masih berasa kedelai gitu yach mas. Tapi sebenarnya itu lebih sehat sich ketimbang digoreng.

      Hehehehe.. terima kasih yach mas cumi sudah mampir kemari. Senang dech.

  3. Kereeennn bgt ih ada videonya!! Kyk gini nih yg aku pengen bgt, share resep yg ada videonya, kan gak gampang dicopas orang sembarangan yes?!
    Adel pake aplikasi apa ya videonya klo boleh tau? πŸ˜€
    Dengan pke video gini, orang yg liat bakal lebih terngeces-ngeces yaa liat makanannya, drpd cmn liat fotonya *aku buktinya* hahaha
    Lapaaarrr ini lapaaaarrrr *lap ences* πŸ˜€

Leave a Reply