Push Up Yoga

push up yoga 1

push up yoga 1

Ada kalanya ketika saya melakukan surya namaskara secara rutin di rumah, saya didera rasa bosan yang amat sangat. Sama seperti pagi ini, sudah naruh matras ditempatnya, hanya karena tadi lupa kalau niatnya mau yoga yang ada sarapan dulu.

Minum air jeruk dan mangga, jeda antara makan dan yoga terlalu dekat yang ada perut saya kembung. Alhasil saya duduk-duduk terlebih dahulu sambil mencet-mencet remote tv nonton acara BBC Earth The Hunt. Kalau sudah didepan tv lupa waktu dech, sedangkan acaranya ini bisa ngabisin waktu 1 jam. Akhirnya saya selesaikan nonton dan menanti makanan di perut turun, tapi waktunya jadi kepotong banyak hiksss..

Alhasil yang saya lakukan adalah melakukan push up yoga sebanyak 20 round. Sebenarnya kalau saya bandingkan jika melakukan push up cara biasa dengan push up yoga saya lebih senang melakukan push up yoga. Dimana pada prinsipnya sich sebenarnya sama saja hanya push up yoga lebih berirama dan masing-masing gerakan kita dapat lakukan secara perlahan-lahan sehingga kita punya waktu untuk istirahat ataupun menfokuskan kekuatan tangan ditiap gerakan.

Untuk hal ini sebaiknya lakukan perlahan-lahan tidak usah terlalu terburu-buru yang ada akan menimbulkan cedera atau salah otot.

 

Push up Yoga terdiri dari gerakan:
1. Downward Facing Dog
2. Plank Pose
3. Chaturanga
4. Upward Facing Dog
5. kembali ke Downward Facing Dog

 

Dari pose 1 – 5 hitungan nya 1 round. Lakukan sekuat yang bisa kita lakukan. Untuk awal mungkin bisa dimulai dengan 5 round dulu jika sudah mantap 5 round untuk minggu-minggu berikutnya dapat ditambah hingga menjadi 10 round, begitu seterusnya. Usahakan jumlah nya meningkat disetiap minggunya. Lakukan berulang-ulang dengan irama yang lambat/jangan buru-buru. Setidaknya setiap gerakan lakukan 1 nafas atau sekitar 5-10 detik.

Hanya saja bagian yang tersulit dari push up biasa maupun push up yoga adalah terletak di posisi chaturanga, kalau di foto ada pada gerakan no 3. Tidak ada cara yang gampang untuk melakukan chaturanga kecuali dilakukan dengan rutin. Secara alami otot-otot yang ada di lengan (bagi yang biasa melakukan surya namaskara) lambat laun akan terlatih untuk melakukan gerakan chaturanga dengan benar.

Bagi pemula pose chaturanga dapat dilakukan dengan bantuan lutut ditekuk dilantai terlebih dahulu sebelum badan diturunkan, tapi menurut saya jika pemula dibiasakan melakukan gerakan chaturanga dengan lutut ditekuk membuat kita menjadi malas dan nantinya akan sulit mengubah kebiasaan tanpa menaruh lutut ditekuk terlebih dahulu dilantai.

Pose Chaturanga yang benar dapat dilihat di foto dibawah ini

 

push up yoga chaturanga

Blog

 

Gerakan push up yoga dapat kita variasikan menjadi berbagai macam gerakan. Apakah itu ketika melakukan chaturanga kaki diangkat keatas secara bergantian kaki kiri dan kanan. Atau dapat juga divariasikan dengan perkuatan tangan dengan menaikkan tangan keatas ataupun ditaruh dibelakang punggung ketika plank pose atau chaturanga secara bergantian tangan kanan dan tangan kiri. Semua dapat dengan bebas kita lakukan dengan pertimbangan kita mempelajari dan mengenal lebih dahulu dimana letak kekuatan tubuh kita sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga dapat membantu bagi yang berminat melakukan sendiri gerakan-gerakan yang memperkuatan lengan, kaki dan perut.

 

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

10 thoughts on “Push Up Yoga”

    1. Keren bangat loh mbak noni kalau sudah bisa ngikutin gerakan ini. Biasanya diganti dengan gerakan apa mbak.

      Maksudnya kalau sudah biasa dengan suatu urutan/sequence tertentu trus diganti dengan variasai urutan lain langsung bingung gitu yach mbak. hehehe…

      1. Biasanya warior ya namanya? Atau yg kaki tangan meluk kaki gitu trus diangkat ke atas. Swakitzzzz haha. Skr udah mulai caturanga 2 dan 3. Yg 2 udah mulai bisa yang 3 duh bubar jalan deh

        1. Benar mbak noni namanya warrior, sama trikonasana yg kakinya dibuka trus badan dicondongkan kesalah satu kaki trus tangan keatas. Semua badan rasanya sakit semua yach. Tapi aku yakin bangat dech mbak Noni pasti bisa lakuin.

          Kalau yg no 2 itu plank dan no 3 chaturanga kalau kita sering lakuin bagus bangat mbak buat kuatin perut dan tangan. hehehe..

Leave a Reply