Pulau Kanawa Flores

pulau kanawa 15

pulau kanawa 1

 

Dari Gili Laba dan Manta Point kapal pun melanjutkan perjalanan ke Pulau Kanawa Flores, jarak tempuh dari Manta Point menuju Pulau Kanawa sekitar 2 jam. Baru saja kapal melabuhkan jangkarnya disekitar dermaga saya sudah suka bangat lihat pemandangan yang ada disekitar pulau. Pantainya panjang dengan pasir putih sepanjang mata memandang, airnya bersih dan bening, pengunjung yang datang di pulau ini kebanyakan turis mancanegara, turis lokal kayaknya cuma kami saja pada saat itu.

Sebagian dari kami ada yang langsung mengambil peralatan untuk menyebur dan snorkling, beberapa duduk-duduk sambil menunggu pegawai resort menawarkan menu makanan, sedangkan saya berjalan sekitar pantai melihat-lihat apa yang bisa difoto. Tadinya saya pengen trekking, kelihatannya sich tidak terlalu tinggi hanya karena beberapa hari berturut-turut trekking mulu yang ada kaki saya kram. Belum lagi udaranya panas bangat dan sebelumnya lari-larian ngejar manta kayaknya olahraga ekstra berat. Yang ada keinginan untuk trekking pupus sudah, padahal kalau lihat foto orang-orang yang ngambil foto panorama pemandangan Pulau Kanawa dari atas sepertinya keren bangat.

Yang ada saya puas-puasin foto disekitar pantai dan bersnorkling. Pada waktu bersnorkling sepanjang mata mamandang saya melihat semuanya pasir putih padahal saya merasa bersnokling sudah agak jauh. Dan kedalaman airnya tidaklah dalam, seperti berenang di kolam berenang dengan air yang bening dan pasir yang putih. Dibeberapa tempat terdapat kumpulan terumbu karang dengan nemo-nemo yang cantik. Saya tidak dapat mengambil foto karena baterai kamera saya habis dan tidak ngeh kalau chargernya tinggal di Jakarta. Mau pinjam sama teman yang ada mereknya beda jadi colokan dan chargernya nga sama hehehehe..

Di pulau ini juga menyediakan bungalow yang mana dikelola oleh warga negara Italia. Yang mana penginapan yang tersedia di pulau ini terdiri 18 buah bungalow, 10 bale-bale dipinggir pantai dan pengelola juga menyediakan tenda bagi pengunjung yang hendak menginap di tenda. Kalau hendak menginap sebaiknya menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu di nomor telephone 038 – 541252 atau 081338233312, atau dapat menghubungi info@kanawaresort.com untuk mengetahui ketersediaan kamar dan reservasi.

Banyak hal yang bisa dilakukan di pulau ini antara lain canoeing, volley pantai, mengitari pulau, trekking, snorkling, diving. Dan pihak pengelola juga menyediakan jasa angkutan ke Labuhan Bajo. Mengenai jam operasi kapal dari Pulau Kanawa ke Labuhan Bajo maupun sebaliknya dapat langsung menghubungi pihak pengelolah dan itu tersedia gratis. Hanya jam operasinya keberangkatan kapal nya saya lupa, hehehe..

Karena keterbatasan listrik di pulau ini yang tersedia hanya genset sehingga pemakaian listrik jam nya sangat dibatasi, hanya malam saja. Tapi dari yang saya lihat dan tanya dari beberapa orang turis luar negeri yang menginap di pulau ini sepertinya sangat menyenangkan, karena rata-rata pengunjung yang datang menginap kebanyakan lebih dari seminggu.

Berikut ini beberapa foto yang ada disekitar Pulau Kanawa Flores:

pulau kanawa flores 4

 

pulau kanawa 14

 

pulau kanawa 15

 

 

 

 

 

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

18 thoughts on “Pulau Kanawa Flores”

Leave a Reply