Pinca Mayurasana

pincha-mayurasana

Pinca Mayurasana atau disebut Feathered Peacock Pose

 

Sampai hari ini saya masih kesulitan untuk melakukan gerakan ini, dengan bantuan dan pengawasan dari guru, baru dech saya berani melakukannya. Jika melakukan sendiri saya masih takut, salah-salah yang ada badan saya terpelanting kebelakang. Saya pernah mengalami cedera sejak saat itu saya kapok melakukan tanpa pengawasan guru saya.

Langkah untuk melakukan gerakan Pinca Mayurasana adalah:

 1. Posisi tangan dilipat sehingga siku nempel di matras.

Jarak masing-masing tangan selebar bahu tidak terlalu dekat ataupun terlalu jauh. Posisi badan Downward Facing Dog Pose. Setelah siap, perlahan-lahan kaki maju mendekati lengan. Posisi kepala dongak menghadap kedepan. Pertama kali melakukan gerakan ini rasanya lengan atas pegel sekali karena semua berat badan ditumpu dilengan.

2. Angkat kaki kanan setinggi dan selurus mungkin.

Tahan diposisi ini 5 nafas. Kemudian lakukan gerakan yang sama pada kaki kiri. Untuk 2 bulan pertama lakukan langkah 1 dan 2 secara berulang-ulang.

3. mengangkat salah satu kaki secara bergantian

Jika sudah berasa kuat dan mantap dapat melanjutkan kelangka ketiga yaitu kaki yang ada dibawah dijinjit sedangkan kaki diatas perlahan-lahan dorong keatas seperti dihentak-hentak seolah-olah kita melempar kaki kita keatas. Kalau tidak ada yang mengawasi sebaiknya dalam melakukan posisi ini badan mendekat ke dinding sehingga kalaupun badan kita terhempas kebelakang kita tau pasti kalau ada dinding yang akan menopang badan kita. Lakukan terus menerus dan diselang-seling pada kedua kaki.

Saya masih berada di langkah ketiga itu pun masih dibantu oleh guru saya. Seharusnya jika posisi tangan dan perut kita kuat, kaki dapat naik secara otomatis sama seperti ketika saya pertama kali belajar mengangkat kaki pada gerakan headstand. Ditahap ini kekuatan perut, paha lah yang bekerja untuk mengangakat kaki sehingga kaki dapat berada diatas dan lurus. Selebihnya badan akan menyesuaikan keseimbangan secara otomatis.

Selamat mencoba dan semakin semangat latihan agar kedepan gerakan ini dapat dengan lancar dilakukan.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

27 thoughts on “Pinca Mayurasana”

          1. itu beneran loh mas. hehehe #promosi.. yang penting sich sebenarnya buat kesehatan aja biar badannya bergerak. mau olahraga apapun kalau ditekunin pasti hasilnya sama kan yach. yang penting kitanya suka 🙂

    1. Ganti2 topik yach mas. Kadang gerakan basic kadang gerakan yg agak susah biar bervariasi. Soalnya gerakan ini pun aku blm terlalu bisa koq. Hehehehe..

      Gerakan ini yg paling berasa di aku itu lengan atasnya mas, berat 🙂

Leave a Reply