Temple Grandin Movie

 

temple grandin movie

Temple Grandin Movie

Film produksi HBO Tahun 2010
Berdasarkan kisah nyata dan diambil dari buku yang berjudul Emergence

Director: Mick Jackson
Pemain : Claire Danes, Julia Ormond, David Strathairn

 

Film Temple Grandin bercerita tentang seorang anak autis yang berjuang untuk mendapatkan cita-cita dan statusnya ditengah masyarakat. Film dengan durasi 107 menit banyak mengulang kisah Temple secara flashback. Cerita dimulai ketika dia berusia 4 tahun, Temple tidak bisa berbicara, dia cenderung berteriak-teriak dan mengasingkan diri dari lingkungan.

Kemudian ibunya membawa dia ke sekolah, dimana pihak sekolah tidak menerimanya untuk belajar disekolah tersebut. Sang kepala sekolah meminta sang ibu membawa Temple ke sekolah khusus anak autis. Tetapi ibunya bersikeras untuk menyekolahkan Temple di Sekolah Swasta bersama-sama dengan anak sekolah lainnya.

Disekolah swasta tersebut dia diperlakukan seperti anak aneh dan sering sekali dia menyerah dan minta pulang ke rumah orang tuanya. Hanya sang ibu bersikeras supaya Temple tetap kuat dan menjadi anak yang mandiri. Disekolah ini dia bertemu dengan guru sains bernama Dr. Carlock yang menantang Temple sehingga dia sangat menyukai ilmu sains. Dan berkat bantuan sang guru, Temple dapat mengikuti pelajaran sains dengan baik dan justru paling menonjol diatara teman-temannya.

Interaksi sang guru dan Temple terus berlangsung sampai akhirnya guru tersebut meninggal. Satu pesan dari guru sains tersebut yang sangat berkesan adalah dunia itu seperti kita memasuki satu pintu, semua tergantung keputusan kita untuk mau membuka pintu tersebut. “A door that’s going to open up onto a whole new world for you and all you need to do is decide to go through it”

Pada saat liburan musim Temple menetap di rumah bibi nya yang mana adalah peternak yang mempunyai banyak sapi dan kuda. Disini Temple benar-benar merasa damai dan mempunyai ikatan khusus dengan binatang. Di peternakan ini dia meneliti suara sapi, bagaimana lenguhan sapi menggambarkan kondisi tenang, terpojok, gaduh yang mana sapi-sapi tersebut nantinya akan dimasukan kedalam proses pemotongan.

Bagi Temple, sapi itu sama dengan dirinya. Punya emosi dan perasaan yang dapat dipelajari melalui suara, lenguhan dan gerakan yang dilakukan sapi. Dengan pengamatan yang dia lakukan akhirnya Temple membuat sebuah penelitian mengenai proses pemotongan sapi. Dia membuat suatu alat yang yang membuat sapi tergiring masuk ke tahap pembersihan sampai pemotongan dilakukan dengan rapi sehingga sapi tersebut mati dengan tenang dan nyaman.

Dan dengan cara tersebut juga berpengaruh terhadap kualitas daging yang dihasilkan.ย Dari pengenalan dan pemahaman Temple terhadap dunia binatang disaat yang bersamaan dia belajar mengenai dunia manusia.

Setelah menyelesaikan gelar sarjana Temple pun terus melanjutkan pendidikan sampai jenjang doktor dan mengajar mahasiswa PhD di Colorado State University. Dr Temple Grandin juga menulis sepuluh buku tentang hewan dan perilaku manusia. Sungguh film yang sangat inspiratif. Dari cerita ini saya sangat terpesona dengan perjuang ibu, bibi dan guru sains yang sungguh-sungguh berdedikasi terhadap kehidupan Temple. Yang mana tidak putus asa dan tidak pernah menyerah untuk menjadikan Temple menjadi orang yang berguna dan berdedikasi di dunia autis.

 

 

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

18 thoughts on “Temple Grandin Movie”

      1. kalau drama plus true story sukak mbk..tapi klo drama doang gak terlalu, apalagi action true story..mantep deh..

        1. Benar mas, drama true strory. Kalau cewek yang nonton pasti rada ada nangis2 dikit lah yach. Sedih lihat dia diolok-olok dan bagaimana ibu nya gigih berjuang buat Temple.

          Action True Story kayak Bruce Lee dong yach?

Leave a Reply