Soto Angkringan Mas Boed Semarang

soto angkringan mas boed semarang 11

Sesampainya di Semarang hal pertama yang kami lakukan adalah sarapan pagi. Tapi sebelumnya mampir dulu ke rumah teman tempat kami menumpang penginapan untuk mandi dan menaruh barang. Terima kasih buat Bhekti dan Indah yang mau menampung dan menjamu kami selama disana. Selain baik hati dan tidak sombong, pasangan ini juga sangat mengenal kota nya dengan baik. Jadi berasa seperti punya guide yang memberi arahan dan keterangan mengenai jalan dan tempat yang akan kami tuju.

Karena rumah Bhekti dan Indah letaknya di Semarang Atas yang ada kamipun mencari makanan untuk sarapan disekitaran Semarang Atas. Yang menarik dari kota Semarang khususnya Semarang Atas adalah permukaan tanah nya tidak rata. Dan berada di daerah perbukitan jadi jalananya kecil, berkelok-kelok dan cukup curam. Yang saya suka di Semarang Atas adalah suhunya sejuk dan kalau cuaca cerah bisa melihat pemandangan denga latar belakang bukit dan pegunungan.

Selama perjalanan di kereta suasananya cukup dingin membuat perut saya berasa kosong, saat ini paling enak adalah sarapan yang berkuah-kuah dan hangat. Jadilah kami makan di Soto Angkringan Mas Boed. Tempatnya sich berada disalah satu ruko, jadi cukup bersih dan ramai oleh pengunjung. Ketika masuk kami harus ngantri mengambil tempat duduk, karena kami jumlahnya cukup banyak yang ada duduknya pun terpisah-pisah.

soto angkringan mas boed semarang 1

Photo by Ina Susanty

Baru masuk kedalam rumah makan soto mas boed sudah langsung disuguhin deretan mangkok yang nanti tinggal ditumpahin kuah sesuai jumlah pesanan yang datang. Karena pengunjungnya datang silih berganti dan sangat cepat pergerakannya yang ada pegawainya pun sigap menerima dan mengantarkan orderan buat pengunjung. Jadi bisa dipastikan mangkok-mangkok ini dengan cepat langsung ludes dan diganti dengan mangkok-mangkok baru untuk mempermudah orderan selanjutnya.

Seperti biasa soto yang saya temui di cirebon, solo maupun semarang, sotonya disajikan dalam mangkok yang ukurannya kecil dan didalamnya sudah diberi nasi, bihun, suwir-suwiran daging ayam, daun bawang dan bawang goreng. kalau sudah baru ditumpahin kuah dan perasan jeruk nipis. Dari mangkuk ukuran kecil itu saya kira saya nga bakal kenyang karena maklum perut saya sudah terbiasa menampung makanan dengan porsi besar. Jadi sempat pengen nambah lagi karena lapar mata.

Ternyata semangkok kecil ini pun saya merasa sangat kekenyangan. Soto nya sich sedikit tapi cemilan-cemilan yang disediakan disetiap meja pun saya cobain sau-satu. Ada bererapa jenis gorengan seperti perkedel kentang, tempe serta aneka sate disediakan dimasing-masing meja.

soto angkringan mas boed 4

 

Yang berbeda dari soto semarang adalah ditiap meja disediakan sate dalam mangkok besar berkuah seperti ini. Didalamnya ada sate kerang, sate telor dan sate daging ayam. Dan yang istimewa adalah kuahnya. Kuahnya berasa manis dicampur dengan kuah soto yang ada di mangkok kita jadi berasa gurih.

Belum lagi saya terlanjur menambahkan sambal dan cabe yang banyak ke dalam mangkok soto saya, karena kepedasan saya tambahin kuah sate tadi untuk menetralisir rasa pedas. Setelah selesai makan beserta makanan pelengkap, dimana gorengan dan sate nya saya cobain semua. Tibalah dibagian pembayaran. Eng ing engg dan tebak berapa total harga semua makanan yang saya makan? Yang pasti masih aman buat kantong dech hehehehe..

soto angkringan mas boed 3

Soto 1 mangkok = Rp. 8.500,-
Gorengan/perbuah = Rp. 1.500,-
Sate/perbuah = Rp. 3.500,-

Soto Angkring MAS Boed
Alamat: Jl. Jati Raya F3 Perumnas Banyumanik
Telepon:0813-9088-8550

 

soto angkringan mas boed semarang 11

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

18 thoughts on “Soto Angkringan Mas Boed Semarang”

  1. Semarang sejuk? Iya sih kalau Semarang atas agak lebih sejuk mbak hehehe. Kalau Semarang bawah… beeeeeh orang Jakarta yang baru pertama kali ke Semarang aja bilang ini Semarang kok lebih panas dari Jakarta gitu hehehe
    Btw, aku yang orang Semarang malah belum pernah makan Sotonya Mas Boed ini hehehe

Leave a Reply