Bakasana or Crane (Crow) Pose

bakasana or crane pose

Bakasana atau Crane Pose atau Crow Pose

 

Pose ini terlihat sangat mudah, gampang dan sederhana. Tetapi ketika melakukannya ternyata tidak segampang kelihatannya. Justru memakan waktu bertahun-tahun untuk bisa dan menyempurnakannya. Kalau di gambar ini siku saya masih kelipat sedangkan untuk tingkat advance seharusnya lengannya lurus.

Bakasana adalah bagaimana menemukan kekuatan dan keseimbangan tangan kita. Bahu adalah sendi yang kompleks di beberapa bagian yang harus bergerak dalam irama yang benar, dimana bagian-bagian tersebut dapat bergerak dengan leluasa dan bebas dari rasa sakit. Bakasana memberikan fokus kepada dasar bahu sehingga otot-otot belikat yang menyediakan dasar yang stabil membuat lengan dapat bergerak dengan bebas.

 

Tahapan dalam melakukannya:

Awalnya kita cenderung terburu-buru bergerak dengan mengangkat pantat lebih tinggi sehingga badan condong kedepan dan membuat kestabilan tubuh tidak terjaga dengan baik. Badan cenderung kedepan sehingga mengakibatkan wajah terjerembab kelantai. Saya pernah mengalami hal ini yang mengkibatkan dahi saya benjol ketatap lantai wkwkwk..

Tetapi ketika kita naik perlahan-lahan menjaga kestabilan bokong sehingga badan tidak terlalu maju kedepan yang ada lambat laun bahu dapat naik lebih tinggi dan di posisi ini kita menemukan keseimbangan. Kalau sudah dapat titik keseimbangan kita dapat bertahan beberapa detik di posisi ini lebih lama.

 

Manfaat Bakasana:

  • Menguatkan lengan dan pergelangan tangan
  • Peregangan punggung atas
  • Menguatkan otot-otot perut

Sumber: Yoga Journal

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

14 thoughts on “Bakasana or Crane (Crow) Pose”

  1. Idealnya berapa detik seseorang harus bertahan dalam posisi itu untuk mendapat hasil yang maksimal, Mbak? Sepintas seperti posisi setengah hand stand ya, tapi posisi yang “setengah” biasanya jauh lebih sulit, seperti telentang dan mengangkat kedua kaki lurus tapi dengan ketinggian yang cuma setengah, itu kan sulit banget :hehe. Banyak otot yang berkontraksi jadi pasti lengan, bahu, dan perut bisa mendapat manfaat maksimal :)). Thanks for sharing!

    1. Semampu dan sekuatnya Gara. Semakin lama semakin baik hehehehe.. Tapi semua emang bertahap nga bisa langsung jadi, mesti latihan terus..

      karena aku sering latihan bakasana yang ada ini lebih gampang daripada handstand. Masih berjuang nich utk bisa handstand 🙁

      1. Semangat terus Mbak, pasti bisa keduanya. Wow kalau sudah ekstrem mungkin ada orang yang bisa bertahan berjam-jam dalam posisi ini, ya :)).

        1. Langkahnya yach. Harus bisa basic dulu. Fi basic diajarin pose utk nguatin tangan, bahu, perut. Nah kl basic nya sdh mantap baru gaya model ginian. Pelan2 yach nanti aku ksh step nya. Hehehe..

Leave a Reply