Manfat yoga untuk kesehatan jantung

manfaat yoga untuk kesehatan jantung

 

Ketika kita ditanya mengenai manfaat yoga, pasti yang terlintas dipikiran kita adalah meditasi, duduk diam, mengosongkan pikiran dan menghilangkan stress. Ternyata yoga tidak hanya bermanfaat seperti yang ada diatas melainkan juga peningkatan flesibilitas, posisi postur tubuh menjadi lebih baik dan juga mempengaruhi internal sistem tubuh kita juga.

Sebuah studi baru yang diterbitkan European Journal of Cardiology Preventive menunjukkan bahwa yoga juga berfungsi meningkatkan kinerja jantung.

Para peneliti melakukan studi terhadap dari 37 kasus yang melibatkan hampir 2.800 orang. Dari penelitian tersebut didapati kesimpulan bahwa yoga memiliki manfaat yang signifikan terhadap penurunkan faktor risiko jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol. Dimana aktivitas yoga sebaiknya dilakukan rutin beberapa kali dalam setiap minggu selama beberapa bulan, akan tampak signifikan perubahan yang dirasakan.

Dimana ketika melakukan gerakan yoga terjadi hubungan yang seimbang antara pikiran-tubuh. Sehingga menimbulkan efek menenangkan dan penurunan stres yang signifikan yang erat kaitannya dengan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Mereka mengatakan yoga mungkin menawarkan cara yang relatif efektif untuk membantu orang meningkatkan kesehatan jantung dan metabolisme. Plus, sangat mudah untuk berlatih di rumah dengan sedikit atau tanpa peralatan.

Membaca artikel yang berisi hasil penelitian ini saya jadi makin cinta dan semangat untuk melakukan yoga, hehehehe…

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

17 thoughts on “Manfat yoga untuk kesehatan jantung”

  1. Iya banyak kawan aku ikut yoga, kadang bingung juga kalau dari awal mulainya gerakan yang gimana.
    cos kawan kawan aku gerakanya udah pada bikin takjub aku n ciut nyalinya.

    1. tenang mbak, hehehe.. yoga itu gerakannya sederhana dan lambat koq. yang penting kita nyaman dulu sama gerakan-gerakan basic, entar lama2 baru explore ke gerakan canggih. kadang untuk beberapa gerakan basic, tubuh kita bisa benar-benar ngikutin aja sampai bertahun-bertahun. dan untuk kesehatan tubuh yang penting gerakannya lambat tapi terus menerus.

          1. Biar dekat sama orang tua aja mba. Soalnya mama dan bapak ada di siantar biar gampang nemuin mereka. Hanya blm siap ninggalin lingkungan dan teman-teman yang ada di jakarta. Hiksss dilema

Leave a Reply