Rancabuaya – Garut

Perjalanan ke Rancabuaya Garut, saya lakukan beberapa tahun yang lalu. Lagi bongkar-bongkar file lama masih dalam proses memberes-bereskan arsip personal setelah saya buka, baru sadar kalau trip ke rancabuaya belum pernah dipublish di blog. Dan dengan perjuangan saya berusaha untuk mengingat-ingat kembali trip ini.

Kami berangkat hari sabtu pagi jam 6 pagi dari Jakarta menuju Pengalengan. Cuaca hari itu sangat cerah dan kami pun sampai didaerah pengalengan, saya mulai merasa menikmati perjalanan karena suasananya langsung berubah.

Dikiri kanan jalan kita dapat melihat pemandangan yang indah, kita akan melewati persawahan, bukit-bukit teh cukulΒ dan situ cileunca. Dibeberapa tempat kami sempat berhenti untuk mengambil foto dan menikmat pemandangan yang ada. Suka bangat dech lihat deretan sawah yang hendak dibajak dan siap untuk musim tanam.

rancabuaya garut 5

Deretan sawah yang ada disepanjang jalan Pengalengan

rancabuaya garut 3

Kebun Teh Cukul

rancabuaya garut 6

Situ Cileunca

Setelah melewati Situ Cileunca, perkebunan teh cukul dan masuk ke Talegong – Cisewu dan Sukarame mulai dech jalan yang kami lewati rusak, jalannya kecil dan disatu sisi terdapat area bekas longsoran. Karena cuaca hari itu sangat cerah bukan dibulan penghujan jadi perasaan saya tidak terlalu terganggu, mungkin kalau kami jalan di musim penghujan saya tidak tau dech pasti jalannya lebih parah dari pada saat kami kesana.

Waktu sudah menunjukkan jam makan siang tapi kami masih setengah perjalanan menuju pantai Rancabuaya. Akhirnya kami mencari warung dan disini lumayan sulit untuk mencari tempat makan yang enak. Setelah kami mendapat warung makan, kami hanya memesan nasi dan pop mie, karena nga begitu tertarik dengan menu yang ditawarkan di warung makan yang ada.

Setelah makan siang kami pun melanjutkan perjalanan dan sepertinya perjalanan masih panjang dikarenakan jalan yang rusak. Dan dibeberapa tempat kami menemukan aliran sungai dan persawahan.

rancabuaya garut 9

Akhirnya sekitar jam 2 – 3 kami pun sampai di Rancabuaya, karena sebelum melakukan perjalanan kami tidak membooking penginapan terlebih dahulu, yang ada kami pun harus memutar-muter disepanjang pantai dan beberapa tempat untuk mencari penginapan yang sesuai dengan keinginan kami. Dan tidak usah kuatir, tempat penginapan didaerah ini sangat banyak.

rancabuaya garut 1

Kamipun membagi kamar, beberes badan dan barang bawaan dan kemudian mulai berjalan-jalan mengitari pantai. Untungnya kami masih sempat merasakan suasana sunset disini. Karena pantainya cukup panjang sehingga untuk berjelajah daerah ini cukup membutuhkan waktu yang lama.

Karena sore waktunya singkat, kalau kami teruskan takutnya gelap jadi kami hanya berjalan-jalan didekat dermaga kecil cijayana dimana nelayan menaruh kapal-kapal mereka dibibir pantai. Mencari tempat makan untuk makan malam karena seharian kami hanya makan popmie saja.

Area yang kami kunjungi dekat dengan kampung nelayan sehingga banyak tersedia rumah makan yang menyediakan ikan hasil pancingan/tangkapan nelayan. Ikan yang disediakan disini masih segar-segar, hanya dibakar serta dibumbui kecap dan garam saja rasa ikannya enak bangat. Kami makan dengan lahap. Setelah makan kembali kepenginapan dan tidur.

Keesokan hari nya kami bangun pagi-pagi mencari sunrise didaerah pantai cicalobak. Disini terdapat tebing dan padang rumput, dan kamipun menanti matahari terbit sambil berbincang-bincang. Agak siang kami melanjutkan berjalan kaki disekitar pantai yang ada dipenginapan. Setelah puas bermain dengan air kami kembali ke penginapan, mandi dan mengangkut barang bawaan untuk dibawa ke mobil dan melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta.

rancabuaya garut 4

Sebelum kembali ke Jakarta kami menyempatkan diri melewati curug citambur pagelaran.

Memasuki curug citambur, kita akan melewati aliran air dan persawahan.

rancabuaya garut 2

rancabuaya garut 7

Curug Citambur

Cuma sebentar di curug citambur dan kami pun langsung mengambil jalan pulang ke Jakarta karena besok hari nya kembali beraktivitas dan bekerja.

rancabuaya garut 8

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

31 thoughts on “Rancabuaya – Garut”

1. Wuaaaaah luar biasa ya Lin… Mupeng banget!
    Btw forwarding ke blog yang .com belom jalan ya Lin? Gw dah simpen di feedly tapi tetep ga dapet updatenya..

1. Terima kasih mas dani.

iya mas kalau orang IT ku bilang emang nga bisa mas, karena beda sistem diantara keduanya. nga tau dech benar apa nga tapi aku juga sudah utak atik dan nga berhasil. Terima kasih yach mas sudah bantuin, hehehehe

1. Numpang nimbrung ah. Masalah beli domain di mana pun bisa di map kok ke WP. Ada pilihan pas kita mau upgred di WP. Klik yang sudah punya domain sendiri.

2. Tadinya sih mau tanya, ini di mana eh ternyata sudah ada tertulis. Garut ya… keren ya. Gak sangka dah ada seperti ini.
    Eh mba (gak tahu umur berapa tapi lihat Dani manggil nama sih), ikutan GA yg tentang Wisata Daerahmu aja. Seru2. beberapa blogger gelar barengan semua. Saya baru ikutan tiga. hehehe. Gak berharap menang, cuma biar orang tahu aja kalau di Indonesia banyak tempat asik.

NB: Mau ijin linkbacked nih. ada mau post ngait ke post pensiunnya.

3. Hello mbak, sy pernah nginep di villa ini juga di rancabuaya, such a lovely place!
    Pgn ke sana lg. Punya nomer kontak bpk penjaganya kah? Hehe..need help..
    Mau tny harga sewa villa dan ketersediaannya. Thanks a bunch πŸ™‚

1. hallo mbak risma. aku nga punya no si bapak penjaga. karena waktu kesana nga pakai booking tp langsung pesan ditempat dan lupa juga minta no tlp beliau. maaf mbak risma nga bisa nolong hikkss..

1. Haloo mbak adel, sy ad rencana lebaran sekarang (H+3) mau k rancabuaya jg. Melihat tmpt menginap mbak adel jd tertarik utk menginap d sana jg. Kl boleh tau nama villa nya ap dan brp rate nya. Tq

4. Halo mba.. salam kenal. Saya juga mau ke rancabuaya, tapi susah sekai dapat no kontak penginapan di rancabuaya (kecuali villa jaya sakti). Mohon maaf, masih simpan kontak vila ini tdk? klo masih, boleh minta tolong di share tdk mba?
    Terimakasih

1. yaaahh.. baru baca postingan di atas ternyata karena go show jd ga simpen kontaknya ya mba.. hiikkss..
      baiklah. Terimakasih

2. Aku pernah nyimpan no tlp penginapan tp bukan penginapan yg diatas (di foto). Itupun hilang no nya di hp yg lama. Maaf yach nga bisa bantu. Hehehehe.. sepanjang pantai banyak sekali penginapan jadi bisa milih.