Kuliner Bandung

kuliner bandung dusun bambu

Walaupun kita ke Bandung cuma 2 hari 1 malam tapi rasanya setiap kesempatan yang ada kita pakai untuk wisata kuliner Bandung sangatlah sedikit. Karena yang namanya Bandung setiap pojokan rasanya semua makanan menjadi menaraik dan bisa dikemas dengan sangat istimewa.

Perkara cilok aja bisa dimodifikasi dengan kreativitas yang tinggi dan marketing yang baik sehingga kadang orang Jakarta mencari cilok bisa sampai kepelosok Bandung. Dan kamipun rasanya juga seperti itu.

Demi mencari batagor, mie yamin dan ayam bakar kami rela bermacet-macet ria dan ngantri kayak ular demi mendapatkan makanan yang kami inginkan.

Dibawah ini beberapa wisata kuliner yang sempat kami incar selama di Bandung:

 

1. Batagor H. Isan.

 

Jl.Bojongloa No. 38 Bandung Cabang: Jl. Cikawao No. 27A

Buka setiap hari pukul 8.00-19.00 WIB

Harga Batagor: Rp 3.500/biji

Harga Mie Yamin : Rp. 12.000/porsi

 

Rasa batagor nya pas bangat, ukuran besar dan cukup mengenyangkan. Komposisi antara tahu dan tepungnya seimbang. Dan dicocol dengan bumbu kacang juga enak. Disajikan dengan bentuk utuh tidak dipotong-potong. Kalau mau dibawa ke Jakarta bisa dipesan batagor yang setengah matang saja supaya rasanya tetap enak sesampainya di Jakarta. Selain Batagor ditempat ini juga disediakan makanan lain seperti mie yamin lengkap dengan bakso dan es campur.

Transportasi: DAMRI Leuwipanjang-Dago, Leuwipanjang-Cicaheum, Leuwipanjang-Ledeng berhenti di jl astana anyar. Angkot Cikudapateuh-Ciroyom, Cibiru-Elang, Ciroyom-Karangsetra.

 

kuliner bandung batagor

Ini dia juaranya, Batagor yummiiieee…

 

kuliner bandung tahu dan bakso

Mie Yamin dan Tahu Bakso, Seporsi

2. Warung Nasi Ibu Imas Jalan Balong Gede 93.

Sepanjang mencari Warung Nasi Ibu Imas, saya melihat banyak sekali warung dengan model yang sama disepanjang jalan ini. Dan ketika kami memasuki warung ini pun kami harus ngantri.

Saya sampai penasaran seenak apa sich masakan ibu imas sampai banyak orang yang ngatri untuk mencicipi masakan khas Ibu Imas. Karena saya sudah keburu lapar saya tidak sempat mengambil foto makanan yang ada disana.

Mungkin juga karena hiruk pikuk orang disana terlalu ramai sehingga saya tidak begitu nyaman untuk mengambil foto. Karena banyaknya orang yang keluar dan masuk di warung ini, dimana belum selesai makan saja sudah banyak pengunjung yang menanti kami selesai makan, dengan berdiri disekitar kami.

Tapi untuk rasa makanan sich emang juara. Sambalnya gurih dan menggigit, tidak seperti sambal di rumah makan sunda lainnya yang rasanya manis kalau di warung ini bisa dibilang pedas. Ditambah dengan lencah yang sangat berlimpah membuat rasa sambalnya tampah nikmat.

Dan yang paling pasti adalah lalapannya. Selain ayam bakarnya yang istimewa, saya juga memesan pepes jamur, pepes tahu dan tahu goreng. Menu yang sederhana tapi dimasak dengan baik menjadi perpaduan makanan yang nikmat.

kuliner bandung warung ibu imas 1

 

kuliner bandung warung ibu imas 2

3. Dusun Bambu

kuliner bandung dusun bambu

 

Di dusun bambu kami hanya menikmati suasana sambil makan pisang goreng karamel, tape dan tahu goreng. Tempatnya sangat asyik untuk kita yang ingin santai-santai. Karena area dusun bambu dikelolah dengan sangat baik. Disini selain menyediakan tempat makan juga ada tempat penginapan dan area bermain dengan konsep alamiah.

4. Punclut

kuliner bandung punclut

 

Sudah dibahas dihalaman sebelumnya. Disini selain pemandangannya yang keren juga tersedia makanan khas sunda yang tidak kalah enak. Nasi timbel lengkap dengan lauk pauk dan minuman hangat bisa tersedia disini.

5. Bakmie Tasik di Jalan Gardu Jati

Saya tidak sempat mengambil foto, tapi bakmie tasik disajikan di warung pinggir jalan. Menu nya macam-macam, mulai dari mie ayam bakso, mie yamin, dan mie babat. Untuk ukuran harga bakmie dipinggir jalan cukup mahal, seporsi mie yamin plus jeruk hangat sekitar Rp. 30.000,- tapi saya puas makan disini.

Sekian info wisata kuliner bandung yang bisa saya bagikan, semoga ada kesempatan dan rezeki lagi untuk main dan wisata kuliner disini.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

14 thoughts on “Kuliner Bandung”

Leave a Reply