Film Dokumenter – Dugong and Din

film dokumenter dugong and din 1

film dokumenter dugong and din 3

Film Dokumenter Dugong and Din.

Film Dokumenter

Kemaren saya sempat lama berbalas komentar dengan kak Monda (salah satu teman blogger) di kolom comment saya. Sebenarnya kita lebih banyak membahas bagaimana meng-connect wordpress ke website. Yang ada sampai sekarang sudah saya utak atik settingan di dashboard tapi tetap belum menemukan penyelesaian, hiksss..

Yang ada seharian saya malah asyik baca-baca artikel yang dia tulis. Salah satu artikel yang saya baca adalah tentang film dokumenter yang biasa kak Monda dan Bapaknya sering tonton. Ternyata mereka punya hobby yang sama yaitu nonton film dokumenter jalan sutera yang dulu pernah ditayang di RCTI.

“Film Dokumenter adalah film yang mendokumentasikan kenyataan”.

Setelah baca-baca akhirnya saya baru nyadar, kalau selama ini saya juga pecinta film dokumenter. Hanya saya tidak tahu kalau film yang saya tonton selama ini adalah film dokumenter. Tayangan yang saya suka biasa mengenai perilaku binatang, perubahan iklim disuatu negara dan film perjalanan. Ada satu tayangan di BBC Knowledge yang pernah saya tonoton yaitu mengenai material yang ada di planet bumi.

Saya lupa judulnya (aduh jadi penasaran judulnya apa yach? Entar kalau ingat saya tulis dech. Bahwa planet bumi terdiri dari atmosfer/udara, air/laut dan panas bumi sebagai inti (hanya secara garis besarnya saja). Ditayangan ini planet bumi diperagakan dengan bola yang besarrrrr sekali, ukurannya kira-kira sebesar dan seluas terminal 3 bandara Soekarno-Hatta.

Dan presentasinya bagus bangat. Ketika membahas mengenai panas bumi dia bercerita mengenai gempa bumi dan lempeng tektonik. Lokasi dimana terdapat lempeng tektonik itu berada di gugusan yang ada disekitar Indonesia yang biasa disebut Ring of Fire. Lempeng-lempeng yang ada dibawah permukaan bumi posisinya belum stabil jadi masih mengalami pergeseran dan akan terus bergerak.

Pergeseran lempeng yang paling besar pernah kita rasakan yaitu pada saat terjadinya Tsunami di Aceh tahun 2004 dan 2010 di Jepang. Maaf yach yang ada penjelasan saya jadi ribet padalah kalau ditonton tayangannya bagus dan seru bangat.

Film Dokumenter Dugong and Din

Dari sekian banyaknya film dokumenter yang saya tonton, saya jatuh cinta dengan tayangan yang ada di Animal Planet yang judulnya Dugong and Din. Dimana bercerita mengenai persahabatan seekor dugong (ikan duyung) dengan seorang bocah bernama Din.

Din tinggal di pulau Mantanani – Sabah dimana dia saat itu masih berumur 8 tahun. Sehari-hari Din senang bermain dilaut. Dimana pada umumnya anak-anak seusia Din berangkat ke sekolah, Din malah pergi ke laut. Walaupun ketika berangkat dari rumah, DIn tetap menggunakan seragam sekolah supaya tidak ketahuan sama orangtuanya.

Disuatu hari ketika sedang bermain-main dilaut Din bertemu benda yang mirip dengan batu. Setelah diperhatikan lebih lagi ternyata batu tersebut bergerak dan benda tersebut bukan batu melainkan dugong. Sepertinya dugong tersebut terpisah dari kawanannya dan terjebak diperairan tempat Dan bermain.

 

film dokumenter dugong and din 2

Foto diambil dari website Animal Planet

Sepanjang durasi film banyak bercerita tentang bagaimana mereka berdua berinteraksi. Dua dunia yang berbeda tapi saling memahami. Dugong selalu menanti dengan setia kehadiran Din disaat Din tidak ada, kembali ke rumah jika sore menjelang. Begitu terus berlangsung selama berbulan-bulan sampai suatu hari terjadi peristiwa sebuah kapal yang tidak dikenal datang menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak.

Disaat yang bersamaan akhirnya orang tua Din mengetahui bahwa anaknya selama ini bolos sekolah dan agar Din fokus dengan sekolah, akhirnya orang tua Din memindahkan Din ke kota. Tempat dimana pamannya tinggal dan letaknya jauh dari pantai.

Sebelum Din pergi ke kota, Din masih berusaha mencari keberadaan dugong tapi dia tidak bisa menemukannya. Din berangkat ke kota dengan perasaan hancur dan kecewa. Takut kalau dugong mati dan tidak berhasil selamat dari ledakan.

 

film dokumenter dugong and din 1

Foto diambil dari website Animal Planet

Din pun bersekolah di kota dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan belajar. Dan ketika libur sekolah tiba, Din pulang ke kampungnya di pulau Mantanani. Selama liburan dia menghabiskan waktu dilaut dan mencari keberadaan dugong. Din masih berharap kalau dugong hidup.

Lama mencari diperairan yang sama akhirnya DIn memutuskan untuk mencari dugong diperairan yang lebih jauh dari tempat biasanya dia bermain. Setelah mencari sekian lama akhirnya Din pun bertemu dengan dugong. Kerinduan diantara mereka pun terlepas sudah. Dugong masih mengenal Din.

Dan ternyata ledakan dari bahan peledak membuat dugong stres dan trauma sehingga dugong lari pergi dari perairan yang lebih jauh. Tapi ternyata hubungan mereka tidak lagi bisa seintim sebelumnya. Ketika dalam pelarian dugong menemukan dugong lainnya. Dan inilah waktu dimana mereka harus berpisah.

Menjalani hidup masing-masing. Dugong akhirnya bertemu dengan lawan jenisnya dan memulai keluarga yang baru. Hikksss… Hikksss.. ketika menonton saya ikutan sedih

Kisah Dugong dan Din bisa dilihat di link diatas. Dimana kisahnya pernah ditayangkan di KompasTV beberapa tahun yang lalu. Dan dibawah ini adalah link yag dikeluarkan oleh Animal Planet seputar isi acara film dokumenter Dugong dan Din

http://press.discovery.com/asia-pacific/apl/programs/dugong-din/

 

 

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

4 thoughts on “Film Dokumenter – Dugong and Din”

  1. menarik kan ya nonton dokumenter itu kita bisa jadi ngomong waw berulang2 saking terpesona banyak hal2 menarjk di luar sana

    kk juga suka nonton Animal planet, tp yg ini belum pernah nonton..

    trims ya Del jadi baca banyak tulisanku

Leave a Reply