Memilih Matras Yoga

cara memilih matras yoga yang baik dan pose yoga favorite saya gerakan split

memilih matras yoga

 

Dalam melakukan gerakan yoga seringkali ketika kita berpindah posisi ataupun melakukan gerakan yang berbeda badan kita bergeser karena matras yang kita gunakan tidak dapat menopang perubahan gerakan badan kita. Dan beberapa kasus yang saya lihat di teman-teman yoga yang saya bimbing seringkali produksi keringat yang berlebihan membuat tangan atau kaki mereka licin sehingga mengganggu dalam proses melakukan gerakan.

Oleh karena itu saya selalu menyarankan teman-teman yang saya ajar untuk lebih teliti ketika memilih jenis matras yang akan digunakan.

Syarat memilih matras yoga yang baik adalah:

Lengket dan Stabil.

Matras yang baik adalah matras yang dapat menopang berat badan ketika kita melakukan gerakan yoga. Dimana posisi tubuh stabil dan tidak bergerak atau bergeser-geser.

Ketebalan dan ukuran.

Matras yoga umumnya berukuran 60 x 180 cm dan tebal 0,3 – 0,6 cm. Jika terlalu tebal akan membuat kita susah merasakan hubungan dengan lantai. Jika kita tidak dapat merasakan hubungan dengan lantai untuk beberapa posisi akan menjadi tidak stabil.

Bahan.

Bahannya ringan, dapat dilipat dan mudah untuk dibawa-bawa. Kadang aktivitas yoga tidak selalu di ruang tertutup kadang dan seringkali kita melakukan gerakan yoga di ruangan terbuka ataupun berpindah-pindah lokasi dari satu studio ke studio lain. Untuk mempermudah mobilitas kita ada baiknya bahan matras yang kita punya ringan sehingga mudah untuk dibawa-bawa.

Material Matras.

Pada umumnya bahan atau material matras yang ada dipasaran terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl), karet (rubber) dan TPE (physical mix of polymers). Untuk yang mengalami alergi sebaiknya pilih matras yang berbahan karet alami atau katun alami yang sifatnya lebih ramah lingkungan.

Harga

Sampai hari ini saya masih rada takjub dan cukup geleng-geleng kepala dengan harga matras yoga yang ada sekarang. Tapi kalau boleh jujur, kita tidak bisa memungkiri dimana ada harga disitu ada barang. Demikian juga dengan harga matras yoga.

Jujur menulis ini saya tidak bisa mengklaim kalau merek ini lebih baik dari yang itu karena faktor harganya yang selangit. Tapi masing-masing kita dapat menyesuaikan jenis matras yang kita mau dengan budget masing-masing.

 

cara memilih matras yoga yang baik

 

Dibawah ini beberapa produk matras yang saya rekomendasikan:

MANDUKA

http://www.manduka.com/us/shop/categories/products/mats/?dd-mats

Primadonanya matras dengan kisaran harga USD 40 – 128. Untuk pembelian dapat dipesan melalu online.

GAIAM

http://www.gaiam.com/yoga-mats?topnav=true

Dengan kisaran harga USD 40 – 100 dan dapat dipesan melalui online.

PRIMAFIT

http://www.primafit.com/v2/showroom.php

Terdapat beberapa gerai di Indonesia dengan kisaran harga Rp. 400.000 – 700.000

Merek lain

Kettler, Nike, Reebox dapat dibeli di Planet Sport, Sport Station, conter peralatan olahraga.

 

Demikian saran dan rekomendasi saya ketika hendak memilih matras yoga. Karena dalam melakukan yoga alat penunjang yang selalu kita pakai adalah matras. Semoga menemukan matras yoga yang cocok denganΒ kamu yach.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

53 thoughts on “Memilih Matras Yoga”

  1. mba reebox kisaran 300an cukup bagus untu saya yang gampang banget keringetan gak ya mba? tangan, kaki saya gampang banget keringetan walaupun hanya duduk-duduk santai saja… terimakasih ya mba responnya πŸ™‚

      1. Oo.. gaiam ya mbak.. aq baru beli manduka superlite mbak setelah baca2 blognya mbak dina.. o iya a bingung cari strap mbak.. udah beli di manduka tapi panjang strapnya ga sama kayak ditampilin di web.. kalo y gaiam tadi aq baca webnya cuma jual utk us sama canada.. gimana ya mbak aq beli strap gaiam?

        1. salah ding.. yg ungu itu manduka. hehehehe maaf kebanyakan matras sampai bingung brand nya apaan.

          aku nga pernah beli strap, jadi nya nga gitu tau mesti beli dimana? hehehe. biasanya langsung dimasukin kedalam sarung matras. kalau sarung nya minta teman yang buatin.

      2. Strap yg aq masuk yg kayak belt itu lo mbak.. strap kan ya namanya.. biasanya dipakai u membentuk postur.. narik telapak kaki ke punggung misalnya..

        1. Kalau pesan GAIAM online saya kurang tau mbak irma, karena saya dapatnya dari teman yang kebetulan baru pulang dari US. Hanya dari beberapa teman saya yang beli matras secara online mereka sepertinya berhasil koq mbak. hehehehehe.

        2. Kalau boleh saran, coba ikutin acara Namaste Festival yang diadakan setahun sekali setiap bulan November di Sultan Hotel mbak. Disana banyak stand yang jual peralatan yoga, baik itu matras maupun baju yoga. Semoga membantu yach mbak πŸ™‚

  2. sis, kalau merk kettler ud oke blm ya? saya masih pemula sih, jdi rada sayang kalau harus beli yang di atas 500rb gtu.. πŸ™‚

  3. Thanks for following my blog. This post about yoga is interesting – when we are in Alaska, I attend yoga classes at our gym, and I enjoy it a lot. Somehow I can’t seem to do it on my own even though I have DVDs to follow. The exercise we get in Mexico is quite different, as here it is almost all walking. It’s liberating not to have a car and to be able to exercise as we are doing our daily life. We also hike a lot here, which we don’t do in Alaska. Seems odd. It’s an opposite life.

    1. aku nga bilang matras merek kettler jelek sich. hanya kebanyakan buat tangannya licin agak ribet, tp itupun bisa diakali dengan menggunakan handuk. dan merek kettler kan type nya juga macam2 mbak. tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan sering apa tidaknya pemakaian.

    1. TPE Thermoplastic elastomer mirip dengan karet. Sedangkan PVC adalah Polyvinyl Chloride, sifatnya kaku. Berhubung saya bukan orang kimia jadi rada sulit menjelaskannya. Itu campuran dipabrikasi, dan pihak penjual pun akan kesulitan menjelaskan perbedaannya. Untuk membedakan bagus mananya kita secara tampilan dan perabaan bisa koq bedain mana matras yang bagus apa tidak πŸ™

Tinggalkan Balasan