Desain Rumah Peristirahatan

Libur lebaran kemaren saya menghabiskan waktu di Jakarta, tidak pergi kemana-mana. Karena ada beberapa kelas yoga yang harus saya ajar dan memang dari awal saya tidak ada rencana sama sekali untuk berlibur keluar kota.

Oleh karena itu saya berusaha menikmati libur di Jakarta kalaupun pergi paling jauh paling ke Bogor. Kebetulan saya punya teman kantor yang mana rumahnya baru selesai dibangun. Sebenarnya sich sudah selesai diawal tahun hanya belum diisi perabotan dan masih bebenah-benah taman.

Nah pas liburan kemaren beberapa perabotan sedikit demi sedikit sudah diisi, jadilah saya dan teman saya memantau dan memonitor kurir serta tukang taman untuk memasukkan barang. Sehingga saya cukup sering pulang pergi ke Bogor ke rumah teman saya ini.

Cukup menarik sich, karena saya ikut andil dalam desain, proses pembangunan sampai pemilihan interior rumah ini dan akhirnya selesai juga. Jadi saya bisa dibilang ikut senang dan menikmati serta puas dengan hasil akhir rumah ini.

Desain Rumah Peristirahatan

Waktu pertama kali teman saya membeli tanah diarea ini, kita sempat bingung bagaimana caranya merancang desain rumah peristirahatan sedangkan tanahnya berkontur.

Mungkin tidak kelihatan di foto bahwa didepan teras rumah langsung berhadapan dengan jurang. Hanya saja memang ada tanaman bambu yang cukup besar tumbuh di depan rumah. Yang mana tadinya kita membabat habis tanaman bambu tersebut.

Tapi setelah dipikir-pikir, justru tanaman bambu ini lah yang menutupi dan melindungi rumah dari angin yang cukup kencang menerpa rumah. Kemudian agar tidak longsor tanaman bambu jugalah yang menjadi kekuatan tambahan bagi rumah.

Hanya konsekuensinya adalah sinar matahari tidak dapat dengan leluasa masuk kedalam rumah. Sehingga kesan lembab dan tertutup, dimana tampilan rumah tidak begitu kelihatan.

Dan ketika proses dari desain rumah peristirahantan selesai, saya cukup takjub dengan hasilnya. Senang akhirnya dapat menikmati hasil jerih payah kita.

Berikut ini beberapa foto tampilan desain rumah peristirahatan yang bisa saya bagikan.

desain rumah peristirahatan 1

Jalan setapak menuju rumah. Karena kontur tanahnya tidak rata sehingga untuk menuju rumah kita mesti naik turun tangga. Ini adalah jalan setapak didepan rumah.

 

 

desain rumah peristirahatan 2

Taman didepan rumah.

 

desain rumah peristirahatan 3

Sofa Ruang Nonton

 

desain rumah peristirahatan 5
Ruangan Menerus tanpa sekat pembatas sehingga ruang duduk langsung nyambung dengan ruang makan dan dapur.

 

desain rumah peristirahatan 4

Rasanya rumah ini akan terus mengalami perubahan desain. Tapi untuk sementara sang pemilik tetap mempertahankan konsep minimalis yang serba praktis dan tidak banyak memasukkan barang. Harapan saya sich Desain Rumah Peristirahatan bisa menjadi inspirasi buat yang lagi berencana mendesain atau membangun rumah.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

6 thoughts on “Desain Rumah Peristirahatan”

    1. iya kak nela, bisa puas nanam-nanam nich. lagi senang baca artikel kakak biar punya ide untuk isi halaman.

      kemaren sempat nanam sayur, karena disana lagi hujan yang ada semua sayur nya rontok. nah sekarang belum nyoba nanam lagi nich. 🙁

Leave a Reply