Food Combining

food combining

Saya sudah mencoba berbagai macam pengaturan makanan. Dan dari semuanya itu yang rasanya cocok buat saya adalah food combining. Sudah 2 bulan lebih 2 minggu saya menjalani food combining.

Yang saya rasakan pertama kali adalah badan rasanya lebih enteng, maag sudah tidak pernah kambuh, urusan kebelakang lancar dan teratur, wajah dan kulit rasanya kencang dan halus dan yang paling penting adalah timbangan berkurang beberapa kilo.

Hanya dengan mengubah pola makan yang lebih sehat sesuai dengan irama tubuh kita. Perbanyak sayur dan buah, minum air putih serta tidak lupa olahraga teratur. Olahraga yang paling saya suka adalah yoga, rasanya kombinasi antara yoga dan food combining di tubuh saya sangat cocok.

Saya tidak perlu memaksa diri saya untuk melakukan kedua hal diatas karena pada dasarnya memang saya tidak susah makan dengan yang namanya buah dan sayur. Rasanya sarapan buah dan makan siang berupa sayur pecel, gado-gado, salad disertai tahu dan tempe saja rasanya sudah sangat nikmat.

Yang ada lama-lama lidah dan penciuman saya sudah bisa menyaring hal-hal mana yang tidak baik buat tubuh saya. Semisalnya jika dulu saya sangat kecanduan dengan kopi dan semua minuman yang manis-manis, yang ada sekarang setiap kali saya mencium aroma kopi sepertinya tidak ada rasa kepengen sama sekali.

Selain buah dan sayur, ada satu hal yang selalu harus ada di agenda rutin makanan saya. Yaitu jeruk nipis. Kebayang dong kalau dulu waktu kita kecil, bangun tidur trus meneguk secangkir jeruk nipis hangat atau makan buat di pagi hari, pasti yang ada orang tua kita menegur. “Apa-apaan sich, pagi-pagi minum jeruk nipis hangat/ buah? Apa nga mules perutmu nanti?” wkwkwkwkwkwkwk..
Ternyata itu semua hanya mitos belaka saudara-saudara. Jeruk nipis hangat di pagi hari pada saat perut kosong ternyata baik untuk liver kita. Waktu pertama kali meminumnya minta ampun dech, sepet-sepet dan asemmm bangat. Tapi setelah berkali-kali mencoba akhirnya sekarang saya menikmatinya dan tidak ada keinginan untuk absen sehari pun meminumnya.

Apakah saya tidak bosan melakukan pola makan seperti ini? Sejauh ini sich tidak. Karena saya sudah merasakan manfaatnya bagi tubuh saya. Ada saat dimana saya kepengen bangat makan spageti, mie ayam, kwetiau/mie goreng (srupp sruupp menulisnya saja sudah membuat air liur saya menetes).

Secara sebagai orang Siantar, saya paling doyan dengan semua menu yang berbau mie. Yach saya tetap makan makanan tersebut dengan perasaan bahagia (tanpa rasa bersalah) tetapi setelah nya saya akan membayar dengan meneguk segelas jus sayur sebagai pengganti.

food combining

Jika tidak yang ada alarm tubuh saya langsung menyala dimana lambung saya pasti meronta-ronda/nyeri. Karena ketika kita merawat tubuh kita dengan baik maka alarm tubuh kita lebih sensitif.

Sehingga jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan irama tubuh kita masuk, maka secara otomatis alarm tubuh segera menyala dalam bentuk yang berbeda-beda pada masing-masing orang. Kalau yang saya rasakan adalah nyeri lambung pasti menjerit-jerit kalau saya makan berantakan.

Semoga saya bisa tetap konsisten menjalankan food combining dengan teratur. Doakan yach teman.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

22 thoughts on “Food Combining”

    1. kalau bisa sich mentah kak, krenyes krenyes. soalnya semakin alami suatu makanan (sayur dan buah) makin gampang dicerna sama tubuh dan vitaminnya masih komplit. kalau sudah kena panas (direbus, dikukus atau ditumis) vitaminnya hilang yang tinggal cuma serat nya saja (sok tau bangat yach aku). heheheheee

  1. Kak adelina,boleh saya minta menu makanan kakak sehari2,saya juga sedang mencoba food combining,baru 1 minggu sih,dan belum merasakan perubahan,makanya saya pengen mengevaluasi berdasarkan pengalaman dari sumbernya langsung,hehehehe

    Makasih kak

    Salam kenal,rima

    1. Hai.. salam kenal Rimma.

      Bangun tidur, masih kondisi perut kosong minum air jeruk nipis/lemon hangat.

      Kemudian sarapan exclusive buah. Dari jam 07:00 – 11:00 buahnya semakin variasi semakin baik dan kondisi matang pohon. Kalau lapar makan buah lagi sampai kenyang.

      Makan siang kombinasi antara pati dan sayur atau kombinasi protein hewani dan sayur.

      Snack sore jus sayur

      Makan malam, aturannya sama dengan makan siang.

      Contoh menu Food Combining yang ideal (Sumber dari grup FB Food Combining)

      05.00 Bangun pagi dan minum segelas air
      hangat berperasan jeruk lemon

      07.00 Sarapan (Jus buatan sendiri tanpa gula)

      09.00 Kudapan Pagi (buah potong segar)

      12.00 Makan Siang (Menu Protein) yang terdiri dari Ayam goreng, taoge goreng, lalapan, sayur segar, dan sambal

      16.00 Kudapan sore (Lumpia
      isi sayur, segelas susu kedelai ditambah sesendok madu murni)

      20.00 Nasi merah, tumis brokoli, tahu

      Contoh Food Combining dengan Menu Tidak Ideal

      05.00 Bangun pagi dan minum segelas
      air hangat berperasan jeruk lemon/nipis

      07.00 Sarapan buah potong yang sesusai musim agar terjangkau

      09.00 Kudapan pagi berupa Buah potong segar pedagang kaki lima

      12.00 Makan Siang berupa Nasi, semur tahu, tempe goreng, dan irisan 1 buah timun segar

      6.00 Kudapan sore berupa siomay yang isinya tahu, kentang, dan kol rebus dengan sedikit bumbu kacang

      20.00 Ketoprak atau gado-gado tanpa telur

      Selamat mencoba dan tetap semangat yach. Lakukan senyaman dan semenyenangkan mungkin.

      Adelina

Leave a Reply