Thursday Flashback; Malela Waterfall

curug malela 1

Curug Malela terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga – Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Air terjun dalam bahasa sunda disebut curug. Curug Malela ini memiliki ketinggian sekitar 60-70 meter dan mempunyai lima buah jalur air terjun.

Untuk menuju ke curug ini cukup berliku dan penuh lubang. Jalan yang harus kita lewati masih tanah dan berbatu. Jadi jika musim penghujan pengendara harus lebih berhati-hati melewati jalanan ini, karena jalanannya licin.

Rute yang akan dilalui jika menggunakan kendaraaan pribadi yaitu cimahi -batu jajar-kota kecamatan cihampelas-cililin-sindang kerta-gunung halu-buni jaya.

Kami berangkat dari Jakarta jam 6 pagi dan sampai di buni jaya sekitar jam 12 siang. Kemudian mobil diparkir di pos/warung karena perjalanan akan dilanjutkan dengan ojek/motor. Di warung ini kami pun mengisi perut karena kita tidak akan menemukan tempat makanan lagi selain di warung ini.

curug malela 3

Nah perjalanan menggunakan motor ini lah tantangan nya dimulai. Sepanjang jalan ojek yang kami naiki rasanya seperti perjalanan panjang dan berliku. Jarak yang mesti dilalui sekitar 12 km menyusuri tebing dan jurang dengan kondisi jalan yang berliku-liku dan tajam.

Rasanya seperti off-road, walaupun jalannya sangat jelek tukang ojek dengan lihai mengendarakan motor nya. Dan saya sebagai penumpang berkali-kali rasanya hampir terperosok dan oleng karena kurangnya keseimbangan. Beberapa ojek yang membawa teman saya ada yang mogok, karena motor yang ditumpangi tidak terlalu kuat untuk melewati perjalanan yang cukup berat.

Setelah sampai di pinggiran Desa Cicadas perjalanan masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 3 – 4 km melalui jalan setapak membelah hutan, menyusur sawah dan beberapa turunan yang curam bahkan menyisir jurang.

Diawal turunan masih ditemukan tangga yang lumayan rapi, tetapi diperjalanan berikutnya tangga yang kita temui hanya berupa gundukan tanah dan cukup curam. Apalagi kami datang ke lokasi di musim penghujan, sehingga tangga nya menjadi licin.

Perjuangan menuju curug malela terbayar ketika kita sampai di lokasi. Debit airnya sangat tinggi dan deras sehingga kami pun dapat berfoto-foto dan menikmati keindahan curug Malela. Bagi teman-teman yang suka petualang pasti akan sangat menikmati perjalanan ke curug malela.

Oleh karena itu sebelum datang ke lokasi ada baiknya mempersiapkan kelengkapan diri semaksimal mungkin.

 

curug malela 2

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

4 thoughts on “Thursday Flashback; Malela Waterfall”

Leave a Reply