Thursday Flashback; Bromo – East Java

Trip pertama yang saya jalanin pada tahun 2010 yaitu ke Bromo, Jawa Timur. Selain ke Bromo kami juga singgah ke Air Terjun Pekalen, Ranu Pane dan Batu Malang.

Kami berangkat dari Jakarta dengan menggunakan kereta api Gumarang dari Stasiun Kota menuju Surabaya. Berangkat jam 17:30 dan sampai di stasiun pasar turi surabaya jam 08:30 pagi. Di surabaya kami sudah dijemput oleh teman dengan menggunakan mobil jeep.

Air Terjun Pekalen Probolinggo.

Perjalanan menggunakan kereta api menurut saya sangat menyenangkan, apalagi jika berangkat malam. Dimana kita punya waktu untuk beristirahat, sehingga bisa tidur dengan kaki selonjoran dan berselimut. Sesampainya di stasiun pasar turi surabaya kami tidak sempat mandi, tapi langsung berangkat menuju Pekalen.

Jarak normal Surabaya – Pekalen yaitu 3 jam. Hanya saja kami melewati Sidoarjo yang saat itu sangat macet akibat lumpur lapindo. Dari Surabaya kami melewati Sidoarjo – Pasuruan – Probolinggo – Situbondo. Alhasil kamipun sampai di Pekalen siang sekitar jam 2, bisa dibayangkan betapa melelahkan hari itu.

Setelah tiba di base camp Noars yang merupakan salah satu penyedia layanan jasa rafting. Disini kami pun berganti pakaian, kemudian naik truk menuju lokasi rafting dan diberi pengarahan sebentar.

Ini adalah rafting pertama yang pernah saya lakukan. Dimana kami sama sekali tidak punya bayangan rasanya akan seperti apa. Ternyata seru bangat, sesekali kami dihempas oleh arus air yang cukup deras, hampir menabrak batu besar yang ada didepan dan basah-basahan.

Ditengah arus yang kencang tiba-tiba kami berada di air yang tenang. Dan disini kamipun menemukan deretan air terjun yang sangat indah. Kamipun beristirahat dan menikmati suasana pemandangan yang ada. Airnya jernih dan segar tapi area ini merupakan tempat atau sarang kelelawar jadi bau kotoran kelelawar bisa tercium.

 

bromo jawa timur 9

Air terjunnya indah sekali kamipun beristirahat sejenak dan menikmati suasana yang ada.

Setelah selesai beristirahat kami masih harus melanjutkan perjalanan rafting karena di spot selanjutnya kami disediakan makanan ringan berupa singkong dan teh atau kopi.

 

bromo jawa timur 6

Salah satu pemberhentian yang mana ada air terjunnya. Disini kami istirahat dan bermain terjun bebas.

Kemudian setelah istirahat di spot kedua, kami mengarungi sungai sedikit lagi untuk menuju spot kedua. Dimana ada gundukan menyerupai batu gantung. Disini kami dapat melompat dan terjun bebas. Seru dech, puas teriak-teriak dan basah-basah. Lalu kembali ke base camp mandi, ganti baju dan makan malam disediakan oleh pihak Noars.

Indahnya Sunrise di Bromo, Jawa Timur

Setelah makan malam dan beristirahat sejenak kamipun melanjutkan perjalanan menuju Bromo. Kami sampai di area penginapan di Cemoro Lawang, sekitar jam 11 malam udaranya sangat dingin sekali. Kami sempat menikmati indahnya langit dengan taburan bintang-bintang disekitarnya, sungguh hari yang sangat indah.

Kami hanya beristirahat beberapa jam dan harus bangun jam 3 pagi untuk mengejar sunrise di Pananjakan. Rasanya kami sudah sangat pagi datang kesana sesampainya di lokasi ternyata disana sudah sangat ramai pengunjung yang datang. Dan deretan jeep mengantri menaiki Pananjakan. Kamipun berjalan kaki menuju Pananjakan.

Dan sesampainya diatas ternyata sudah sangat berdesak-desakan. Pengunjung berusahan mencari spot yang paling ideal untuk melihat sunrise. Akhirnya sekitar jam 4:30 mulailah sang primadona perlahan-lahan menampakkan kehadirannya.

Pesonanya sangat indah sekali, dan saya baru sadar kalau didepan saya ternyata menumpuk ratusan manusia mengabadikan kedatangan pujaan hati.

bromo jawa timur 12

Sunrise di Pananjakan

bromo jawa timur 10

Sunrise di Pananjakan
Rasanya berada di negeri diatas awan. Kabut masih menyelimuti gunung bromo dan batok. Dan sedikit demi sedikit kabutnya pun menghilang.

bromo jawa timur 8

Ketika pengunjung sudah mulai sepi saya pun berpose dengan background Gunung Bromo, Batok dan Semeru.

Dibawah ini adalah foto keindahan Bromo Jawa Timur. Saya suka semua yang ada disini. Rasanya tidak pengen cepat-cepat beranjak. Tapi apa boleh buat, kami harus melanjutkan perjalanan.

bromo jawa timur 7

bromo jawa timur 3

bromo jawa timur 5

bromo jawa timur 4

bromo jawa timur 2

bromo jawa timur 1

 

Foto diambil oleh Anton.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

13 thoughts on “Thursday Flashback; Bromo – East Java”

Leave a Reply