Kuliner Pematang Siantar

kuliner pematang siantar kedai kopi sedap 3

Jika menyebut kota Pematang Siantar pasti tidak lepas dari Danau Toba, Bentor (Becak Motor) ataupun Mie Pangsit Siantar. Benar saja, karena Pematang Siantar tidak jauh dari Danau Toba maka setiap kali mau ke Danau Toba rasanya pasti akan singgah di Pematang Siantar.

Begitu juga dengan Becak Motor dan makanan. Ketiga hal ini pasti dengan mudah kita dapatkan disini. Dan yang pasti kalau ngomongi Pematang Sianta yang dicari pasti kulinernya.

Makanan yang ada di Pematang Siantar bervariasi dan enak. Bervariasi karena mau nyari makanan apa aja ada. Baik chinnesse food, india, masakan batak dan melayu disini komplit.Tapi tetap yang paling istimewa menurut saya adalah kwetiau, mie pangsit, mie gomak (spageti ala siantar).

Tapi untuk halaman ini saya tidak membahas tentang makanan diatas melainkan tempat makan legendaris yang mempunyai menu andalan antara lain kopi dan roti atau tempat nongkrong yang asyik di Pematang Siantar.

Kuliner Pemantang Siantar.

Kedai Kopi Sedap.

Saya sudah cukup lama tinggal di kota Pematang Siantar. Walaupun datang ke Siantar setahun sekali, ternyata saya tidak begitu mengenal kota ini. Terbukti ketika saudara saya menyebut Kedai Kopi Sedap saya kira kedai ini kedai kopi yang baru saja dibuka.

kuliner pematang siantar kedai kopi sedap 2

Ternyata Kedai ini sudah ada sejak tahun 1939, hanya setelah melakukan renovasi besar-besaran di tahun 2000an barulah kedai ini mulai ramai dan terkenal.

Selama ini yang saya tahu tentang warung kopi di Siantar hanya Kedai Kopi Kok Tong, tetapi kopi yang ada disini rasanya lebih halus dibandingkan dengan kopi di Kedai Kok Tong. Karena saya sudah terbiasa dengan aroma dan rasa kopi kok tong kali ini saya mencoba aroma dan rasa kopi di kedai kopi sedap.

kuliner pematang siantar kedai kopi sedap 1

Lokasi Kedai Kopi Sedap berada di jalan utama kota Siantar yaitu di Jalan Soetomo No. 97. Tempatnya enak untuk dijadikan tempat nongkrong dan ngobrol dengan teman sambil menghirup segelas kopi. Makanan yang disediakan di warung ini antara lain roti panggang selai srikaya atau selai keju dan kopi hitam atau kopi susu.

kuliner pematang siantar kedai kopi sedap 3

Roti panggang selai srikaya nya lembut dan enak, rasanya khas sekali. Kita dapat memesan selai srikaya nya untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Untuk ukuran setengah kilo dihargai Rp. 45.000,- dan sekilo Rp. 90.000,- Selai srikaya dapat bertahan selama seminggu jika ditaruh di ruang terbuka dan sebulan jika ditaruh di lemari es.Sedangkan kopi racikan dari toko ini sebungkus seberat setengah kilo dihargai Rp. 35.000,-

Toko Roti Ganda.

Tidak beberapa jauh dari Kedai Kopi Sedap (hanya beda 3 toko) kita dapat menemukan Toko Roti Ganda. Toko Roti ini rasanya sudah lama sekali ada di kota Siantar dan sangat terkenal. Dari depan toko sudah banyak sekali pengunjung mengantri untuk mendapatkan roti pesanan mereka.

kuliner pematang siantar toko roti ganda 1

Toko roti ini menyediakan berbagai macam jenis roti, kue, selai srikaya dan jajanan pasar. Dan harga roti yang ada disini relatif aman di kantong. Untuk satu loyang roti tawar besar dengan isi selai srikaya ataupun meises dihargai 15.000,-. Rotinya dibelah dua lalu diisi selai dan dibungkus untuk dibawa pulang.

kuliner pematang siantar toko roti ganda 2

Selain roti isi srikaya ataupun meises, kita dapat memesan kue kotakan seperti ini. Antara lain ada lapis legit, lapis surabaya, kue bolu, bika ambon, kue pelangi dan lain-lain.

Siantar Square

Jika di malam hari kota siantar sangat sepi, sekitar jam 9 malam saja rasanya seperti berada di kota mati. Karena kebanyakan toko sudah tutup dan tidak melayani pengunjung lagi. Tetapi beberapa tahun ini saya melihat beberapa area khususnya Jalan Soetomo masih ramai dan dijadikan tempat tongkrongan anak muda.

Salah satu nya adalah Siantar Square, disini berjejeran warung yang hanya melayani pengunjung di malam hari. Suasananya ramai dan makanan yang disajikan di tempat ini enak-enak. Kebetulan saya pulang larut malam dan perut pun melilit karena lapar.

kuliner pematang siantar kwetiau

Akhirnya kamipun singgah di area ini dan masuk ke salah satu warung yaitu Cafe Pattaya. Pengunjungnya sangat ramai dan kebanyakan yang datang adalah anak muda ataupun mahasiswa yang hendak mencari makan malam. Cocok untuk nongkrong dan ngumpul bersama teman.

Sebenarnya masih banyak lagi yang istimewa kalau kita melakukan wisata kuliner Pematang Siantar. Hanya saja karena saat berkunjung kesini, saya benar-benar khusus ketiga tempat ini. Mungkin dilain kesempatan akan saya buat tulisan mengenai tempat-tempat lain untuk berwisata kuliner.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

12 thoughts on “Kuliner Pematang Siantar”

Leave a Reply