Vihara Avalokitesvara, Pematang Siantar

Kalau hendak berkunjung ke kampung halaman saya, rasanya tidak sah jika tidak ke Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar. Lokasinya yang berada di tengah kota, sangat mudah untuk dicapai.

Kenapa harus kesini? Karena hanya di Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar akan menemukan patung Dewi Kwan Im dengan ukuran yang sangat tinggi yaitu 22,8 m. Dimana dari kejauhan pun kita sudah dapat mengenali vihara ini.

Vihara ini terdiri dari dua lantai dengan tangga yang cukup luas yang terdapat di dua sisi halaman vihara. Kemudian dilantai dua ini lah kita akan  menemukan patung Dewi Kwan Im yang tersohor itu.

Vihara Avalokitesvara Pematang Siantar

Aval artinya mendengar. Lokite berarti dunia. Svara berarti suara. Avalokitesvara berarti mendengar suara dunia yang penuh dengan penderitaan. Avalokitesvara juga sering disebut sebagai Dewi Welas Asih.

Patung Dewi Kwan Im yang ada di Pematang Siantar adalah vihara dengan patung terbesar yang ada di Indonesia. Vihara ini diresmikan pada tanggal 15 November 2005 dan proses pembuatan patung dewi Kwan Im membutuhkan waktu 3 tahun. Patung dewi Kwan Im langsung dibuat dan didatangkan dari negeri China. Sampai saat ini pun vihara ini masih dalam proses pembangunan.

Ornamen yang ada di Vihara

Ketika saya datang ke vihara, suasananya sepi karena saya datang tidak pada musim liburan. Lokasi vihara terbuka untuk umum, jadi siapa saja bisa masuk dan datang berkunjung. Disepanjang halaman terdapat banyak sekali ukiran-ukiran dan patung dewa-dewa yang terbuat dari batu granit dan ukirannya sangat halus dan rapi.

vihara avalokitesvara pematang siantar 1

 

Saya suka berada dilama dipelataran paling atas. Dimana saya dapat menikmati patung Dewi Kwam In yang sangat besar dengan latar belakang kota Pematang Siantar disekeliling vihara ini.

Disetiap pojokan terdapat patung-patung dewa dan ukiran khas yang sangat indah. Beberapa foto yang ada dibawah adalah patung dan ukiran yang ditampilkan disepanjang vihara.

vihara avalokitesvara pematang siantar 4

vihara avalokitesvara pematang siantar 3

vihara avalokitesvara pematang siantar 2

Patung Dewi Kwam In terbesar di Indonesia ada di vihara Avalokitesvara Pematang Siantar yang menjadi salah satu kunjungan wisata yang dapat kita kunjungi jika berada disini.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

1 thought on “Vihara Avalokitesvara, Pematang Siantar”

Leave a Reply