Pantai Pasir Putih Parbaba

Setelah dari Air Terjun Sipiso-piso kami meneruskan perjalanan menuju Pantai Pasir Putih Parbaba. Tepatnya di Kecamatan Panguruhan, disebelah barat Pulau Samosir. Dari desa Tongging kita terlebih dahulu menyeberang dengan menggunakan kapal ferry dari Tigaras menuju Simanindo.

pantai pasir putih parbaba 1

Jadwal ferry dari Tigaras yaitu 09:00, 12:00, 15:00 dan 18:00. Kami berangkat jam 15:00 dan memang agak kesiangan juga datang ke tempat ini. Tapi berhubung penasaran yach kita jalanin saja, hehehehe…

Kapal ferry yang membawa kami tidak terlalu besar, untuk tiket Rp. 7.000,- (dewasa), Rp. 3.500,- (anak-anak) dan Rp. 95.000,- (mobil). Jarak tempuh dari Tigaras menuju Simanindo memerlukan waktu 45 menit, cukup dekat.

 

pantai pasir putih parbaba 4

Gerbang Pantai Pasir Putih Parbaba

pantai pasir putih parbaba 2

Pantai Pasir Putih Parbaba.

Pantai dengan pasir putih, pantainya landai dan luas. Airnya tenang dan segar, rasanya tawar karena ini adalah danau. Adik saya yang daritadi tidak sabar ingin mandi pun langsung bergegas loncat dan membasahkan dirinya di pantai ini.

Sekitar 20 m dari pinggir pantai saya masih melihat dia berdiri dengan posisi kepala masih dapat dilihat, jadi airnya masih sangat landai sekali. Untuk yang tidak dapat berenang pasti sangat puas bermain-main di pantai ini.

Disini juga disediakan beberapa permainan air antara lain banana boat, kapal/bebek yang dapat kayuh, bermain volley pantai atau hanya duduk-duduk di pinggir pantai disini juga sudah disediakan tenda dan kursi.

Dikala yang lainnya asyik bermain air dan mandi, saya mengamati situasi disekitar pantai ini. Sesekali saya melihat penduduk yang rata-rata wanita berusia lanjut dengan mengenakan sarung datang ke pinggir pantai. Turun ke pantai sambil membawa baskom/ember berisi pakaian dan peralatan dapur untuk dicuci.

Selesai mencuci merekapun mandi di pantai ini. Tadinya saya ingin berjalan dan mengambil foto sampai ke arah dermaga, ternyata disana merupakan area mandi untuk pria.

Kami hanya 3 jam berada di Pantai ini, setelah puas mandi dan berganti pakaian kamipun bergegas berangkat menuju dermaga Tomok yang menuju Ajibata.

Rumah Bolon Simanindo.

 

pantai pasir putih parbaba 3

Sepanjang perjalanan menuju pelabuhan Tomok saya melihat banyak sekali rumah-rumah tradisional batak. Saya sempat melihat jejeran rumah tradisional saya kira ini rumah tinggal tetapi ternyata ini makam. Salah satu yang menarik yang saya lihat adalah museum huta bolon simanindo.

pantai pasir putih parbaba 6

Ternyata di area ini terdapat pertunjukkan yang hanya ada di jam 10:30 dan 11:45. Karena kami singgah disini sudah larut malam sehingga saya tidak mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai museum ini.

pantai pasir putih parbaba 7

Rumah Bolon – Rumah Tradisional Batak, kondisi rumah nya masih sangat bagus

pantai pasir putih parbaba 8

Rumah Bolon – Rumah Tradisional Batak

Kami memilih pelabuhan Tomok yang menuju Ajibata dikarena jadwal kapal ferry yang paling terakhir yaitu jam 19:30. Sehingga kami masih dapat mengejarnya dan jarak tempuh dari ajibata menuju pematang siantar juga terhitung lebih dekat.

Lama perjalanan dari Tomok ke Ajibata sekitar 1,5 jam. Kapalnya lebih besar dibandingkan kapal ferry yang ada di Tigaras-Simanindo. Karena sudah malam kami menunggu didalam mobil sambil beristirahat sejenak.

Perjalanan dari Ajibata menuju Pematang siantar sekitar 2 jam. Akhirnya kami pun sampai di Pematang Siantar jam 11:00. Sungguh perjalanan yang menyenangkan.

Petualangan kami di Pantai Pasir Putih Parbaba pun usai. Tetapi saya masih penasaran untuk mengikuti pertunjukan seni yang dipertontonkan ditempat ini. Semoga ada kesempatan untuk saya kempali dan menyaksikannya.

pantai pasir putih parbaba 5

 

pantai pasir putih parbaba 9

 

pantai pasir putih parbaba 10

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

3 thoughts on “Pantai Pasir Putih Parbaba”

  1. Thank you for discovering my photography blog http://www.throughharoldslens.com. You gave me the opportunity to discover, explore and follow your blog. Hope we both enjoy our journeys. On behalf of the Through Harold’s Lens Creative Team, my trusty sidekick Mr. SLR Nikon, his brother Mr. Pen Pal and myself, we wish you the best. Harold

Leave a Reply