Air Terjun Sipiso-piso

air terjun sipiso-piso 7

Sumatera Utara sangat kaya dengan sumber daya alamnya. Dikelilingi gunung dan bukit-bukit, sungai, dan danau terbesar di Indonesia ada di Provinsi ini. Jadi tidak salah jika apapun yang ditanam disini pasti subur dan menghasilkan.

Pemandangan alamnya sangat indah. Sepanjang mata memandang semua nya bernuansa hijau dan udaranya sejuk. Jika kita berkendaraan dari satu kota ke kota yang lain. Maka disepanjang jalan akan banyak kita temukan perkebunan karet, kelapa sawit, cokelat, kopi, pohon pinus, kelapa, jeruk dan sayur-sayuran.

Pada saat saya berkunjung, status gunung sinabung sedang tidak menentu membuat saya agak was-was. Sehingga saya tidak terlalu banyak meng-ekspos objek wisata yang ada. Dari kota Medan saja sudah dapat merasakan debu vulkanik dengan meningkatnya suhu udara di kota tersebut.

air terjun sipiso-piso 8

air terjun sipiso-piso 6

air terjun sipiso-piso 10

Demikian juga Brastagi, rata-rata penduduk sekitar sudah dihimbau untuk menggunakan masker penutup hidung. Sebenarnya kunjungan wisata utama saya kali ini adalah air terjun dwi warna sibolangit. Tetapi karena lokasi sibolangit sangat dekat dengan gunung sinabung oleh karena itu tujuan wisata yang satu ini mesti saya coret untuk sementara waktu.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun ini terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara. Kecamatan ini berada sekitar 24 km dari Kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo.

air terjun sipiso-piso 1

Air Terjun Sipiso-piso

Saya berangkat dari Pematang Siantar, dimana dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke lokasi ini. Nama sipiso-piso diambil dari piso yang dalam bahasa batak berarti pisau. Disebut pisau dikarenakan derasnya air yang jatuh seumpama bilah pisau. Ketinggian air terjun ini sekitar 120 m dan berada di 800 m dari permukaan laut.

 

air terjun sipiso-piso 2

Untuk masuk ke objek wisata ini hanya dikenakan biaya Rp. 4.000,-/orang ditambah biaya parkir Rp. 5.000,- Dari atas pemandangan kita sudah dapat melihat Danau Toba.

 

air terjun sipiso-piso 5

Sebenarnya dari tempat parkir kita sudah dapat melihat air terjun sipiso-piso tapi rasanya tidak puas jika tidak turun langsung dan merasakan percikan air sipiso-piso itu sendiri.

Untuk turun kita mesti melewati ratusan anak tangga dan berkelok-kelok menyusuri punggung bukit. Karena penasaran untuk dapat sampai dibawah, ditambah pemandangan yang indah dan langsung dapat menikmati view danau toba sehingga untuk turun rasanya tidak terlalu terasa tantangannya.

air terjun sipiso-piso 4

Foto di salah satu pos yang ada di sipiso-piso. Disini kami beristirahat sejenak sebelum meneruskan menaiki anak tangga yang tersisa.

Nah, giliran naik baru dech. Tidak dapat digambarkan bagaimana rasanya. Perjalanan yang tadinya pendek rasanya jauhhhh sekali. Untuk turun saya cuma menghabiskan waktu 45 menit tapi ketika naik cukup lama yaitu 1,5 jam dengan nafas yang terengah-engah.

Sesampainya diatas kamipun menghabiskan waktu menikmati pemandangan sambil makan siang dengan bekal yang telah kami bawa dari rumah.

air terjun sipiso-piso 3

 

air terjun sipiso-piso 9

 

air terjun sipiso-piso 11

Suasana di bawah air terjun. Rasanya menyegarkan sekali, deburan airnya membasahi tubuh.

air terjun sipiso-piso 12

Sungguh senangnya hati saya akhirnya dapat menginjakkan kaki di Air Terjun Sipiso-piso. Walaupun dari kampung halaman saya Pematang Siantar jaraknya tidak terlalu jauh, saya baru sekali ini berkunjung kesini. Dan semoga dilain kesempatan saya dapat kembali kesini lagi.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

4 thoughts on “Air Terjun Sipiso-piso”

Leave a Reply