Bandara International Kuala Namu – Sumatera Utara

Akhir bulan November Tahun 2013, saya berkesempatan untuk pulang ke kampung saya di Pematang Siantar. Biasanya pulang kampung selalu di hari libur panjang ataupun liburan Natal dan Tahun Baru, tapi kali ini saya pengen menikmati suasana kampung di hari biasa.

bandara kuala namu 8

Bandara Kuala Namu Medan

Dan khususnya pulang kali ini saya dapat menikmati Bandara Kuala Namu yang baru. Bandara KNO yang berada di areal bekas perkebunan PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa. Yang terletak di Beringin, Deli Serdang, Sumatera Utara. Dimana bandara ini  resmi beroperasi pada 25 Juli 2013 jadi saya benar-benar dapat merasakan fasilitas yang serba baru dan bagus.

bandara kuala namu 7

bandara kuala namu 6

Bandara Kuala Namu fasilitasnya sudah berkelas Internasional dan merupakan salah satu bandara terbesar di Indonesia.

Suasana didalam Bandara. Karena masih sangat baru kondisinya masih sepi dan kosong. Belum banyak toko atau tempat makan yang berjualan di bandara ini.

bandara kuala namu 9

Masih didalam Bandara. Signage, papan pengumuman mempermudah informasi bagi penumpang.

Bandara ini letaknya sekitar 39 km ke Medan dan sekitar 110 km menuju Pematang Siantar sehingga cukup jauh dari pusat kota. Oleh karena itu disediakan akomodasi penghubung menuju kota-kota sekitarnya.

Stasiun Kereta Api Bandara Kuala Namu

bandara kuala namu 10

Bandara ini menyediakan Kereta Api dan Damri menuju Medan. Dan juga bis atau mobil travel yang tersambung ke kota-kota sekitar Kuala Namu. Kebetulan kali ini saya tidak langsung menuju Pematang Siatar melainkan Medan, jadi sekalian saya mencoba merasakan fasilitas kereta api bandara. Keluar dari area kedatangan, masih di komplek bandara kita sudah dapat menemukan stasiun kereta api bandara.

bandara kuala namu 2

Lobby Stasiun Kereta Api Bandara

bandara kuala namu 1

Lobby Stasiun Kereta Api Bandara

bandara kuala namu 5

Ruang Kedatangan dan Keberangkatan Stasiun Kereta Api

 

bandara kuala namu 3

bandara kuala namu 4

bandara kuala namu 11

Kursi Kereta Api

Harga Normal Kereta Api yaitu Rp 80.000. Untuk penumpang Air Asia mendapatkan harga promo Rp 65.000. Sedangkan pengguna jasa Garuda Airlines tidak dikenakan biaya alias gratis. Dengan menunjukkan boarding pass ataupun tiket kepada customer services atau petugas penjual tiket kereta api. Periode promo berlaku dari tanggal 15 November 2013 – 31 Januari 2014.

Jarak tempuh dari Kuala Namu – Medan ataupun sebaliknya dengan menggunakan bis atau mobil sekitar 1,5 jam, dengan menggunakan kereta api bandara hanya 37 – 47 menit. Jadi wajar saja jika harga tiket kereta api nya mahal. Untuk melihat informasi mengenai kereta api bandara baik jadwal keberangkatan maupun reservasi tiket dapat dilihat di www.railink.co.id atau di No Telp (061) 456 1331.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

Leave a Reply