Menyelam di Mioskun Raja Ampat (Trip Day 4)

Hari ini beberapa grup di trip mengalami perpecahan, wkwkwkwk.. Provokasi sekali kalimatnya? Karena masing-masing grup punya hobi dan kesukaannya sendiri-sendiri maka hari ini merupakan acara bebas.

Grup A sudah kembali ke Sorong di hari sebelumnya dan hari ini balik ke Jakarta. Grup B karena masih belum puas bersnorkling, maka hari ini mereka minta tambahan waktu sehingga mereka pun berangkat pagi-pagi menuju Yenbuba, Sawingrai dan Sauwendarek.

Grup C lebih senang menjelajah daratan Waisai, melihat kehidupan sehari-hari masyarakat setempat dan lanjut ke Teluk Mayalibit dan sekitarnya. Dan saya masuk di Grup D menyelam di Mioskun. Horeeeee, senangnya. Tidak sah rasanya ke Raja Ampat kalau tidak menyelam.

Peserta diving hari ini satu pun tidak membawa kamera underwater. Kalaupun ada kemampuan kamera hanya sampai 5-10 meter. Kalau untuk snorkling kamera pocket masih cocok digunakan. Tetapi untuk kedalaman lebih dari 10 m sebaiknya menggunakan kamera yang punya kemampuan lebih dari kamera underwater biasa.

Oleh karena itu kita tidak punya dokumentasi foto-foto selama diving. Semua foto yang ada di halaman ini adalah foto hasil jepretan Dive Master yang membawa kami, yaitu Bang Rudy (Terima kasih yach bang).

Saya menyelam dikedalaman 23,6 m dengan waktu 43 menit. Ini record terdalam yang pernah saya capai. Secara baru 2 kali diving sehingga tidak ada pembanding yang significant. Sebelumnya saya diving 2 tahun yang lalu di Bunaken hanya dikedalaman 7 m rasanya sudah kewalahan karena hampir kehabisan nafas.

Tapi kali ini rasanya takjub dan ucapan syukur yang bisa saya rasakan. Mungkin karena saya sangat terpaku dengan keindahan bawah laut mioskun sehingga saya tidak terlalu merasakan kesulitan dalam bernafas maupun beradaptasi dikedalaman. Berikut ini saya bagikan hasil foto keindahan bawah laut yang didokumentasikan oleh Bang Rudy.

 

mioskun raja ampat 2

Hiu Karpet

mioskun raja ampat 3

Schooling Fish

mioskun raja ampat 6

Kima Terbesar yang pernah saya jumpai

mioskun raja ampat 7

Mini Sea Horse

mioskun raja ampat 8

Mini Sea Horse

Senang rasanya bisa menyelam hari ini. Pulang dari menyelam, kembali ke penginapan untuk bebenah karena siang ini kami check-out dari penginapan. Menanti teman-teman yang lain kembali dari aktivitas mereka, saya menyempatkan diri istirahat dan makan siang.

Sekitar jam 3 setelah semua peserta siap bebenah kamipun berangkat dari Waisai menuju Sorong. Tiba di Sorong jam 6 sore. Check in di penginapan, meletakkan tas di kamar kemudian lanjut mencari oleh-oleh dan makan malam. Moment makan malam selain berkumpul adalah ajang berbagi cerita mengenai kegiatan yang kami lakukan hari ini. Senangnyaaa…

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

11 thoughts on “Menyelam di Mioskun Raja Ampat (Trip Day 4)”

Leave a Reply