Raja Ampat Trip Day 3

Teluk Kabui

Perjalanan Raja Ampat hari ketiga, kami mengitari Teluk Kabui. Dari Waisai menuju Kabui sekitar 45 – 60 menit. Di Teluk Kabui, terdapat ribuan pulau kecil yang muncul dari dasar laut. Karena dikelilingi oleh pulau-pulau kecil sehingga pemandangan sekitarnya sangat teduh dan indah.

Airnya tenang dan jernih, warna airnya biru kehijau-hijauan. Cantik sekali. Kami cukup lama mengitari Teluk Kabui, kecepatan kapal dikurangi dan kamipun mengabadikan moment ini dengan mengambil foto/video selama perjalanan. Menurut nakhoda kapal, beberapa pulau yang ada disini ada yang berpenghuni. Nah lohh gimana bisa yach pulau sekecil dan setinggi ini dihuni penduduk.

perjalanan raja ampat hari ketiga 1

Indah sekali.

perjalanan raja ampat hari ketiga 5

Saya berpose diantara pulau-pulau.

perjalanan raja ampat hari ketiga 4

Saya diatas kapal ketika mengitari pulau-pulau di Teluk Kabui

perjalanan raja ampat hari ketiga 3

Refleksi Awan. Jernih sekali airnya.

perjalanan raja ampat hari ketiga 2

Refleksi Awan.

Akhirnya semua pulau yang ada di teluk kabui sudah kami sambangin. Ukuran dan bentuknya bermacam-macam. Ada satu pulau yang bentuknya pipih dan memanjang. Penduduk setempat menyebutnya pulau pensil.

perjalanan raja ampat hari ketiga 14

Ini dia Pulau Pensil

perjalanan raja ampat hari ketiga 13

Sudah tidak tahan menyebur, akhirnya beberapa teman langsung turun dari kapal merasakan kejernihan air yang ada.

Pasir Timbul, Kri- Mansuar

Setelah puas menjelajahi pulau-pulau yang ada di teluk kabui kamipun dibawa menuju pasir timbul. Jika air surut maka pasir yang ada disini muncul ke permukaan, oleh karena itu ketika kami berada di teluk kabui nakhoda kapal berulang-ulang mengingatkan kami supaya bergegas menuju pulau ini supaya kami sempat menikmati pasir yang ada.

Dan ternyata di pulau ini terdapat spot snorkling yang indah. Hanya kedalaman 2-5 meter saya sudah dapat melihat beraneka ragam jenis ikan yang ada. Kami cukup lama berada di Pasir Timbul dimana selain snorkling kamipun menikmati makan siang.

Pasir Timbul yang ada disini menurut saya lumayan luas, jika dibandingkan pasir timbul/gosong yang pernah saya temui menurut saya pasir timbul yang ada merupakan pasir timbul terluas. Pasirnya putih dan halus. Disekitar pasir timbul terdapat pulau-pulau kecil, yang satu tidak berpenghuni sedangkan yang satunya adalah resort milik WNA yang dimana kabarnya sangat private.

perjalanan raja ampat hari ketiga 6

perjalanan raja ampat hari ketiga 7

Desa Yenbuba

Sekitar jam 3 kami berpindah tempat menuju Yenbuba. Yenbuba juga merupakan desa/kampung wisata. Tidak berbeda dengan Desa Arborek, Yenbuba juga menerapkan Kawasan Konsevasi Laut Daerah, yang memiliki kearifan untuk menjaga kelestarian laut yang ada.

Memasuki dermaga kampung Yenbuba sangat sepi, saya merasa berada di desa tidak berpenghuni. Mungkin karena jarak dermaga dengan perumahan setempat cukup jauh. Jadi sesampainya saya di dermaga bukannya langsung memasuki area desa melainkan terjun ke laut bersnorkling sepuasnya.

perjalanan raja ampat hari ketiga 8

perjalanan raja ampat hari ketiga 12

Bisa dilihat betapa jernih nya air yang ada disekitar dermaga. Terumbu karang disini sangat luas dan rapat-rapat. Menurut nakhoda kapal Yenbuba merupakan spot ikan Baraccuda. Dan memang benar, tidak jauh dari dermaga ketika saya bersnorkling saya menemukan sekumpulan ikan Baraccuda dan berbagai jenis ikan lainnya. Rasanya seperti berada di kolam aquarium sea world.

perjalanan raja ampat hari ketiga 10

Tidak habis-habisnya saya memuji kebesaran Pencipta atas kekayaan alam yang ada di negeri ini. Baik di darat maupun di laut semuanya indah. Setelah puas ber-snorkling, saya pun naik ke dermaga dan memasuki kampung Yenbuba. Saya menemukan beberapa anak-anak kecil dan dengan spontan saya pun mendokumentasikan kepolosan dan keceriaan anak-anak ini.

perjalanan raja ampat hari ketiga 9

Kami cukup lama bermain dengan anak-anak ini. Yang tadinya cuma kelihatan satu dua orang lama-lama semua anak-anak pada berdatangan menghampiri kami di dermaga. Teman-teman yang telah menyediakan makanan ringan dan permen pun dengan senang hati memberikan apa yang mereka punya untuk anak-anak tersebut. Sungguh menyenangkan melihat keceriaan anak-anak ini.

Sebelum malam tiba, kami bergegas pulang ke Waisai. Tidak terasa sudah hari ketiga berada di papua. Menanti untuk melanjutkan perjalanan berikutnya yang pastinya tidak kalah menyenangkan.

perjalanan raja ampat hari ketiga 11

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

4 thoughts on “Raja Ampat Trip Day 3”

Leave a Reply