Perjalanan Menuju Raja Ampat

Raja Ampat adalah tujuan wisata yang sudah saya mimpi-mimpikan selama 2 tahun ini. Rasanya membayangkannya saja sudah membuat saya senang. Dan ketika hari H keberangkatan, saya sampai tidak bisa tidur karena sangat senangnya (mulai dech lebay)!!!

Perjalana menuju Raja Ampat akan saya ceritakan di paragraf berikut ini. Penerbangan dari Jakarta menggunakan pesawat Merpati MZ7620 menuju Makasar, berangkat jam 05:00 dan tiba di Makasar jam 08:15. Kemudian dari Makasar dengan pesawat Merpati MZ806 berangkat jam 10:10 (yang seharusnya 09:25) dan tiba di Sorong jam 13:10.

Saya merasa agak deg-degan dengan pesawat yang akan kami naiki. Karena sehari sebelum keberangkatan, saya mendengar berita bahwa terjadi demo/mogok pilot Merpati. Tetapi ternyata kekhawatiran saya tidak terjadi. Perjalanan saya dari Jakarta-Makasar-Sorong berjalan lancar.

perjalanan menuju raja ampat 14

Pemandangan pagi hari diatas pesawat. Hari ini cerah dan merupakan awal yang baik sepanjang perjalanan saya.

Singgah di bandara Sultan Hasanudin Makasar.

Saya sangat senang berada di bandara Makasar karena kondisi bandaranya yang bagus dan bersih. Saya sudah 2 kali transit di bandara ini, hanya secara khusus saya belum pernah menjelajah kota Makasar. Karena adanya keterlambatan, justru moment ini saya bertemu dan berkenalan dengan peserta tim seperjalanan saya nantinya.

perjalanan menuju raja ampat 5

Bandara Sultan Hasanuddin Makasar

perjalanan menuju raja ampat 7

perjalanan menuju raja ampat 6

perjalanan menuju raja ampat 8
Bandara Sultan Hasanuddin Makasar

perjalanan menuju raja ampat 10

perjalanan menuju raja ampat 9

Pemandangan diatas kota Makasar.

Tiba di Bandara Dominique Edward Osok Sorong.

Jam 13:00 kamipun tiba di Bandara Udara Dominique Edward Osok, Sorong. Menanti barang di bagasi turun cukup lama, untungnya pihak dari Dinas Pariwisata yang mengatur perjalanan kami sudah mengurus semua barang-barang bagasi milik seluruh peserta trip. Jadinya kita tinggal duduk manis dan barang-barangpun diangkut ke bis Damri. Bandara udara Sorong ukurannya kecil dan masih belum teratur. Saya melihat bandara ini sedang dalam tahap pengembangan. Semoga tahun depan menjelang perayaan Sail Raja Ampat 2014, pemerintah Sorong sudah dapat mengejar pembangunan bandara menjadi lebih baik lagi

perjalanan menuju raja ampat 2

Bandara Udara Dominique Edward Osok, Sorong.

perjalanan menuju raja ampat 4

View Kota Sorong. Disebelah kiri adalah satu-satunya mall yang ada di Sorong yaitu Mall Saga.

Di Mall Saga kami menyempatkan diri melihat situasi mall, makan siang di KFC, membeli snack dan perlengkapan harian untuk dibawa ke desa Waisai. Jam 16:30 kami menuju pelabuhan sorong. Dari Sorong ke desa Waisai memakan waktu 1,5 – 2 jam.

perjalanan menuju raja ampat 1

Situasi Kota Sorong

perjalanan menuju raja ampat 3

Pelabuhan Sorong menuju Desa Waisai.

Tiba di Waisai.

Setibanya di desa waisai kami disuguhi pemandangan sunset yang sungguh amat indah. Dan sepertinya tinggal dan menetap di desa ini cukup nyaman dan menyenangkan.

perjalanan menuju raja ampat 15

Sunset di Dermaga Desa Waisai

perjalanan menuju raja ampat 16

Cottage tempat saya menginap. Acrophora – Penginapan di Waisai

Sesampainya di penginapan kamipun berbagi kamar, meletakkan barang di kamar masing-masing, disuguhi makan malam dari penginapan, kemudian bercengkeramah dan beramahtama dengan anggota trip lainnya.

Selanjutnya mandi dan beristirahat. Mengumpulkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya. Perjalanan menuju Raja Ampat rasanya semua dimudahkan dan saya siap untuk menyelesaikan keseluruhan trip dengan hati gembira.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)