Wisata Kuliner Bangka

Ketika di kota ini, saya lebih tertarik dengan wisata kuliner Bangka dibanding wisata alam atau pantai. Apa karena pantai yang ada di Bangka agak mirip dengan yang ada di Belitung sehingga saya merasa seperti berada di Belitung walaupun sedang di Bangka.

Di Belitung saya sudah merasa sangat puas menjelajahi pantai, jadi ketika di Bangka rasa penasaran saya terhadap makanan khas Bangka lebih besar ketimbang menjelajahi pantai atau wisata alam yang ada. Rasa makanan yang ada di Bangka menurut saya lebih spesial jika dibandingkan di Belitung.

Ini juga dikarenakan di Bangka kami lebih banyak memilih makanan yang haram ketimbang yang halal, hehehehe.. Sekali lagi saya minta maaf.

Rumah Makan Ameng

kuliner bangka 1

Di rumah makan Ameng, teman-teman yang menjemput kami sudah memesankan makanan terlebih dahulu buat kami antara lain Ikan Tausi, Sapo Tahu, Babi Kluyuk, Udang Asem Manis, Kangkung Kulit, Cap Cay. Eemmm enak.

Saya suka makan disini, porsinya pas tetapi rasanya maknyos. Walaupun tempatnya agak masuk gang tapi saya melihat pengunjung yang datang kesini ramai.

Aroma Laut

kuliner bangka 7 aroma laut

Aroma Laut merupakan restaurant yang ada di Pantai Pasir Padi. Restaurant dengan dekorasi kapal, sehingga rasanya seperti sedang menikmati makanan di dalam anjungan kapal. Suasananya menyenangkan karena langsung berhadapan dengan Pantai Pasir Padi dan makanan yang disediakan juga enak.

Disini kami memesan kepiting lada hitam, cumi goreng tepung, cumi saos padang, udang telur, tumis toge ikan asin, kangkung cah polos, sapo tahu dan tahu isi. Yummieee, enak…

Rumah Makan Mie Babi Awen

kuliner bangka 3

Di rumah makan ini disediakan Lempeh Cukut dan Janmian. Lempeh cukut rasa kuah nya seperti kuah sayur asem, tapi menggunakan iga babi. Sedangkan Janmian itu rasanya seperti mie yamin, hanya dagingnya tidak menggunakan daging ayam melainkan daging babi.

Sebagai pecinta mie, saya cuma bisa bilang yummiiieeee…

Tung Tau

kuliner bangka 6

Warung Kopi dan Roti Panggang Tung Tau selain menyediakan roti panggang dan kopi juga tersedia bubur ayam, soto dan makanan lainnya. Tidak berbeda jauh dengan warung kopi yang saat ini banyak di Jakarta, warung Tung Tau menjadi tempat yang menyenangkan untuk nongkrong dan bertemu dengan teman atau sahabat.

Untuk porsi makanan yang ada disini pas untuk saya. Jadi tidak berasa kekenyangan bangat ataupun kelaparan. Dan bisa nyomot beberapa macam makanan sekaligus.

Martabak Acau

kuliner bangka 2

Kalau ke kota Bangka tapi tidak mencicipi martabak koq rasanya tidak afdol yach? Setidaknya saya bisa merasakan martabak khas langsung dari tempat asalnya. Bagi saya martabak yang ada disini porsinya tebal tapi lembut dan tidak buat eneg.

Kedai Otak-otak Ase dan Vika

kuliner bangka 5

kuliner bangka 4

Kami mampir kesini untuk memesan otak-otak dan empek-empek mentah sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke Jakarta. Yang pasti rasa ikan nya sangat berasa.

Ketika kami ke warung otak-otak Vika, disamping warung ini terdapat kedai yang menjual es campur. Namanya saya lupa, tapi kalau es yang ada disini lebih banyak jenis kacang-kacangnya.

Demikian sekilas informasi wisata kuliner Bangka yang bisa saya bagikan.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

13 thoughts on “Wisata Kuliner Bangka”

    1. Maaf, saya terlambat merespon. Yang paling recommended di Bangka, saya paling suka pantai parai dan pantai tanjung pesona. menurut saya pantai nya panjang, bersih dan indah, sehingga kita bisa leluasa berlama-lama menikmati keindahan pantai nya.

Leave a Reply