Wisata Kuliner di Belitung

Selain berwisata di Belitung pasti kita harus menyempatkan diri untuk  mencicipi makanan khas yang ada di kota ini. Beberapa tempat wisata kuliner di Belitung yang kami cicipi antara lain:

Mie Belitung Atep

Saya sangat suka dengan rasa Mie Belitung Atep ini. Selain saya memang pecinta mie, juga kuahnya yang kental dan gurih membuat saya tambah suka dengan rasa mie Belitung Atep.

Yang ada besoknya kita datang lagi ke rumah makan ini dan memesan makanan yang sama. Hehehehe.. Selain mie belitung juga tersedia nasi tim, tapi tetap mie belitungnya yang terfavorite menurut saya. Mie Belitung dan ditemani es jeruk rasanya makin mantap dech.

kuliner di belitung 1

Rumah Makan Seafood Fega

Rumah makan Fega menyediakan berbagai jenis seafood. Ikan dan makanan laut yang tersedia disini rasanya segar. Daging ikannya tebal dan manis, hanya dibakar dan dibumbui kecap saja rasanya sudah lezat.

Selain ikan dan cumi goreng tepung sebenarnya kami juga memesan cumi saos padang, udang asem manis, kangkung dan capcai. Hanya karena sangat kelaparan saya sampai lupa memfoto makanan yang lain.

Sebaiknya jika datang ke rumah makan ini terlebih dahulu melakukan reservasi terlebih dahulu dan juga menentukan menu makanan apa yang akan dipesan, karena bisa dipastikan jika langsung datang kesana akan kesulitan mendapat tempat.

Ketika kami datang beberapa meja masih kosong tapi semuanya sudah dipesan dan makanan nya juga harus menunggu lumayan lama. Oleh karena itu ketika makanan datang kami pun berebutan dan saya pun tidak sempat mengambil foto.

kuliner di belitung 3

Kupi Kuli Museum Kata Gantong

Kupi Kuli ini berada dibelakang museum kata gantong milik Andea Hirata. Museum kata ini adalah rumah contoh/replika rumah khas yang ada di Belitung dan juga mengangkat kebiasaan penduduk yang ada disana yaitu duduk di warung kopi.

Air untuk seduhan kopi dimasak diatas tungku arang. Dan kursi yang digunakan adalah kursi papan panjang seperti kursi warung-warung kopi pada umumnya ada di Belitung. Saya sangat suka dengan aroma kopi belitung yang cukup keras. Dan paduan kopi susu yang ada di kupi kuli menurut saya sangat pas. Untuk satu gelas kopi dan kopi susu dihargai Rp. 5.000,-

kuliner di belitung 2

Warung Kopi Anui

Karena kebanyakan yang ada di warung ini adalah pria, yang ada kami agak risih ketika masuk ke warung kopi ini. Hanya menurut guide yang membawa kami, warkop ini adalah warung kopi dengan rasa kopi terbaik yang ada di Gantong, mau tidak mau kami pun memberanikan diri masuk ke warkop ini. Disini tersedia kopi pekat dengan harga Rp 3.000,- sedangkan kopi susu/teh susu dengan harga Rp 6.000,-

Di Belitung kami tidak terlalu menggila dalam hal berwisata kuliner. Dikarenakan beberapa kesempatan kami sudah terlebih dahulu disuguhi makanan dari penginapan dan rasanya hanya khusus mencari makanan di Belitung memakan waktu yang cukup lama sehubungan jarak dari satu tempat ke tempat lain sangat jauh. Sehingga untuk makan kami hanya mencari yang ada diperjalanan sepanjang kami temui di jalan saja.

kuliner di belitung 4

Demikian sekilas informasi mengenai wisata kuliner di Belitung.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

2 thoughts on “Wisata Kuliner di Belitung”

Leave a Reply