Trip Belitung Hari Kedua

Setelah berkelana serta menikmati makanan khas yang ada di Belitung. Perjalanan trip hari kedua di Belitung pun kami lanjutkan.

DANAU KAOLIN

Tujuan kami hari ini adalah berjalan mengelilingi kota Gantong dan Manggar, Belitung Timur. Sebelumnya kami meneruskan perjalanan ke kota Manggar terlebih dahulu kami melewati Danau Kaolin.

Posisi Danau Kaolin dari penginapan kami sebenarnya tidak terlalu jauh. Dan dari beberapa informasi saya dapatkan bahwa untuk mendapatkan foto sunrise paling bagus di Danau Kaolin ini. Hanya saja entah karena apa keinginan untuk bangun pagi sulit terealisasi.

trip hari kedua di belitung 1

Foto Panorama Danau Kaolin

Danau Kaolin merupakan cekungan bekas galian tambang kaolin yang sudah lama ditinggalkan.

Kaolin merupakan salah satu mineral tanah liat (lempung) yang mengandung beberapa lapis aluminium silikat. Kaolin adalah sejenis tanah liat yang bersifat lunak, halus, dan putih, terjadi dari pelapukan batuan granit, dijadikan bahan untuk membuat porselen atau untuk bahan campuran membuat kain tenun (kertas, karet, obat-obatan, dsb.) Wikipedia .

Cekungan-cekungan seperti ini banyak terdapat di Belitung maupun Bangka. Selain kaolin di Belitung juga merupakan tempat penambangan timah dan kelapa sawit. Jadi disepanjang jalan akan banyak menemukan pemandangan perkebunan kelapa sawit dan juga genangan/cekungan penambangan timah.

SD LASKAR PELANGI

trip hari kedua di belitung 3

Kemudian perjalanan kami lanjutkan ke kota Gantong. Disini terdapat Sekolah yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Film ini berkisah mengenai perjuangan anak-anak Belitung mendapatkan pendidikan.

Berjuang menggapai mimpi-mimpi mereka dan juga berkisah tentang persahabatan. Berkat film ini lah nama Belitung menjadi sangat terkenal dan dikunjungi banyak wisatawan. Hanya saja sekolah ini sudah tidak berfungsi lagi.

MUSEUM ANDREA HIRATA

trip hari kedua di belitung 7

trip hari kedua di belitung 5

Museum Kata Andrea Hirata – Gantong

Museum Kata Andrea Hirata adalah museum sastra yang pertama di Indonesia. Di museum ini berisi seluruh karya Andrea Hirata yang merupakan penulis dari buku Laskar Pelangi. Museum ini dari segi tampilan fisik bangunan dan isinya sangat menarik.

Selayaknya rumah khas Belitung, dibelakang museum ini terdapat warung kopi tempo doeloe (warung kupi kuli) dengan menyajikan kopi khas Belitung. Menunggu air rebusan untuk kopinya matang, kita dapat duduk-duduk bersantai menikmati semilir angin siang sambil bercanda tawa.

trip hari kedua di belitung 6

Interior Museum Kata Gantong

trip hari kedua di belitung 4

Interior Museum Kata Gantong

Tidak jauh dari museum Andrea Hirata kami melewati rumah Ahok, hanya saja jalanan masuk menuju tempat kediaman Ahok sedang dalam perbaikan.

BENDUNGAN PICE – PANTAI NYIUR MELAMBAI – MANGGAR

Akhirnya kami pun melanjutkan perjalanan ke Bendungan Pice. Bendungan ini dibangun pada jaman Belanda dan merupakan bendungan yang dilewati oleh Sungai Lenggang. Tidak banyak yang bisa kita lihat di bendungan ini dan kamipun melanjutkan perjalanan menuju kota Manggar.

Yaitu ke Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang dan Rumah Makan Fega. Rumah Makan Fega adalah Restaurant Seafood yang terletak dipinggir sungai. Pengunjung yang datang sangat ramai, berhubung jam makan siang dan restaurant ini sepertinya restaurant favorite di kota Manggar.

Selagi kami di kota Manggar tidak sah rasanya untuk berkunjung ke warung kopi. Warung kopi disini bukan seperti warung kopi yang kita temui di Mal-Mal yang ada di Jakarta. Melainkan kedai kopi tempat berkumpulnya masyarakat Manggar yang mayoritas adalah pria.

Karena banyaknya kedai/warung kopi tidak salah jika kota Manggar disebut sebagai Kota 1001 Warung Kopi. Selain warung kopi di kota Manggar ini juga terdapat Pantai Serdang, Pantai Burung Mandi dan juga Klenteng Dewi Kwan Yin.

trip hari kedua di belitung 2

Sunset di Pantai Tanjung Pendam

Puas berjelajah di kota Gantong dan kota Manggar, kami pun kembali ke penginapan. Sebelum kembali ke penginapan terlebih dahulu kami singgah ke Galeri KUMKM mencari oleh-oleh khas Belitung dan mengejar sunset di Pantai Tanjung Pendam.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

Leave a Reply