Trip ke Belitung – Bangka 19-23 September 2013

Perjalanan kali ini saya berangkat ke Belitung bersama teman-teman saya antara lain Nik, Ina, Robin, Paskal, Jenny dan Destar. Beberapa dari mereka sudah berkali-kali berkelana bersama saya ke beberapa tempat di Indonesia. Sedangkan yang lainnya baru saya kenal dan baru pertama kali trip bersama. Halaman ini berisi perjalanan trip hari pertama di Belitung.

Bandara H.AS. Hanandhoedding Tanjung Pandan

Tiket pesawat sudah jauh-jauh hari kami pesan. Dan kali ini kami berkelana di dua pulau cantik yang ada di bagian timur Pulau Sumatera Indonesia yaitu Pulau Belitung dan Bangka.

Kami berangkat dengan pesawat Garuda GA0284 dengan rute Jakarta – Tanjungpandan, berangkat jam 10:15 dan tiba di Tanjung Pandan (Bandara H.AS. Hanandjoeddin) jam 11:00. Jarak tempuh hanya 45 menit saja, dan di Bandara kami telah dijemput oleh teman kita yang cantik yaitu ci Yenni.

trip hari pertama belitung 3

Bandara H.AS.Hanandjoeddin Tanjung Pandan – Photo by Ina Susanty

trip hari pertama belitung 1

trip hari pertama belitung 6

Tugu Batu Satam – Photo by Ina Susanty

Tujuan pertama kami sesampainya di Belitung adalah makan siang di Mie Belitung Atep. Lokasi nya ada di Jalan Sriwijaya No. 27. Dimana posisinya dijalan besar sekitaran Bunderan Tugu Batu Satam. Makanan yang tersedia disini hanya Mie Belitung dan Nasi Tim.

Mie Belitung dengan kuah kental dengan campuran udang, tahu, kentang, emping dan timun. Ibu pemilik Mie Belitung Atep sangat ramah. Dan sepertinya Mie Belitung Atep ini sudah cukup terkenal. Dimana di dinding Rumah Makan ini terdapat foto beberapa orang terkenal yang pernah berkunjung ketempat ini.

kuliner dan trip hari pertama di belitung 1

Pantai Penyabong dan Teluk Gembira Membalong

Setelah perut kenyang kami pun melanjutkan perjalanan ke Pantai Penyabong dan Pantai Teluk Gembira. Kedua posisi Pantai ini berada di kecamatan Membalong. Karena kita datang bukan di akhir pekan sehingga pantainya sepi, tidak banyak pengunjung yang ada disana.

Pasir Pantai Penyabong dan Pantai Teluk Gembira halus dan putih. Dimana kondisi pantainya bersih dan jernih. Ciri khas dari pantai yang ada di Belitung adalah hamparan batu-batu besar yang bertebaran disepanjang pantai.

Kami menikmati suasana matahari terbenam dan mengabadikan keindahan pantai ini. Suatu hal yang sangat jarang dapat kita nikmati jika kita berada di kota besar seperti Jakarta. Oleh karena itu kami cukup lama bersantai-santai di pantai Teluk Gembira.

trip hari pertama belitung 3

trip hari pertama belitung 4

trip hari pertama belitung 5

Sunset di Pantai Teluk Gembira

Selama perjalanan dari kota Belitung menuju kota Membalong saya memperhatikan bahwa suasana kota ini sepi dimana jarak rumah ke rumah tetangga lumayan jauh. Karena kebanyakan mata pencaharian penduduk adalah nelayan yang saya lihat ritme kehidupan masyarakat Belitung baru hidup di malam hari.

Dan jalan raya dari satu kota ke kota lain rapi, bersih dan kondisinya bagus. Hari mulai gelap dan kamipun kembali ke penginapan. Sebelum kembali ke penginapan kami disuguhi makan malam dirumah ci Yenni.

Disuguhi makan malam yang enak dan diterima dengan hangat oleh keluarga ini merupakan suatu cerita liburan yang tidak akan pernah terlupakan.

Cukup banyak tempat yang kami kunjungi di hari pertama trip di Belitung. Dan berikutnya saya akan melanjutkan cerita perjalanan kami berikutnya.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)