The Power of Habit

The Power of Habit by Charles Duhigg

mind-reviews-the-power-of-habit_1

Sejujur nya saya belum membaca buku ini. Saya mendapatkan penjelasan mengenai detail topik diatas dari seminar yang saya ikuti dan setelah menulis topik ini saya akan mencoba mencarinya di toko buku.

Repeat, Building a new habit by Jeffrey Rachmat dan Jose Carol

Pada dasarnya kita adalah manusia yang mempunyai kebiasaan “We are the people of habit”. 40-45% kegiatan kita sehari-hari yang kita lakukan merupakan suatu kebiasaan. Oleh karena itu kita perlu mengenali apa yang menjadi kebiasaan kita.

Hidup kita sekarang adalah akibat dari kebiasaan yang kita lakukan sebelumnya. The secret of your fututer is hidden of your daily routine. Kebiasaan kita menentukan bagaimana kita hidup.

Beberapa Perusahaan besar mempelajari kebiasaan dari pelanggan/customer sebelum meluncurkan barang yang akan mereka jual. Sehingga tidak heran jika apapun yang mereka jual pasti laku/laris dengan cepat. The behaviour of customer dapat dipelajari.

Kebiasaan adalah sesuatu yang kita lakukan tanpa berpikir. Dan kita akan merasa kehilangan jika kita tidak melakukannya. Kebiasaan yang dilakukan oleh sekelompok orang dan dilakukan terus menerus disebut culture atau budaya. Dengan adanya kebiasaan kita dapat mengisi kemampuan otak kita dengan hal-hal yang lain serta hal-hal yang lebih penting/besar.

Wisdom is the principal thing; Therefore get wisdom. And in all your getting, get understanding.

Didalam buku The power of habit, Charles Duhigg mencantumkan 3 komponen yang membentuk kebiasaan, yaitu:

1. Cue; Tanda atau sinyal.

Cue terdiri dari 5 hal.
– Lokasi
– Waktu
– Kehadiran orang-orang tertentu
– Emosi
– Sesuatu yang baru saja anda lakukan/pelajari.

Menurut survey didapati bahwa setiap orang mempunyai kebiasaan men-cek gadget 150 kali/hari. wowwww..

2. Reward; Penghargaan, Kenikmatan
3. Routine

Kebiasaan tidak terbentuk dalam semalam oleh karena itu untuk mengatasi kebiasaan buruk juga tidak dapat dihilangkan dengan mudah. Ada ketagihan dalam diri kita (craving) yang membuat kita tidak bisa melepaskan diri walaupun ada niat atau keinginan untuk melepaskannya.

Ketika rutinitas terjadi, walaupun kadang kita sudah tidak mendapatkan reward/kenikmatan seperti yang didapat pada awalnya. Tetapi otak manusia sudah dibuat sedemikian rupa sehingga manusia tetap melakukan kebiasaan tersebut. Seperti kebiasaan terhadap rokok, obat-obat terlarang, judi, alkohol, pornografi. Walaupun pecandu sudah tidak merasakan kenikmatan yang sama seperti yang dia rasa pada awalnya, tetap saja kebiasaan itu tidak dapat dihilangkan.

Untuk mematahkan bad habit maka kita harus merubah cara kita berpikir. Change/Break your bad habit by creating/make/start your new/good habit.

CreateHabit_InfoGraphic_REV.indd

ChangeHabit_InfoGraphic_REV.indd

Gambar dan diagram diatas saya ambil dari Google. Hal ini membantu saya untuk mengidentifikasi kebiasaan jelek saya dan mencoba menggantikan serta mengubah menjadi kebiasaan baik.

Ada beberapa kebiasan baik yang tetap dan terus saya kembangkan khususnya untuk tahun ini. Dan saya sudah merasakan efek positifnya dan sensasi ketagihan untuk terus dan terus melakukannya. Kebiasaan baik tersebut antara lain berolahraga, menjaga pola makan, menulis/make a journal dan capture photo every day. Ada sensasi khusus ketika saya menemukan baju lama yang tadinya kesempitan dan sekarang dapat saya pergunakan lagi, sebagai reward dari cara saya menjaga pola makanan dan berolahraga. Mungkin masih banyak hal positif lainnya yang bisa saya terus lakukan dan kembangkan.

Dilain pihak saya juga masih terus berjuang melawan dan mematahkan kebiasaan buruk. Sebelum mendengar topik ini, saya sering frustasi karena selalu kalah dan gagal dalam peperangan melawan bad habit. Tapi dengan diberi pengetahuan akan kuasa dari kebiasaan tersebut. Saya mulai belajar mengidentifikasi/mengenal cue, reward dan routine saya.

Adelina Tampubolon – GOD is good all the time

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

Leave a Reply