Spanish Restaurant (Plan B)

Libur Lebaran adalah waktu yang tepat buat saya bersantai di rumah dan menikmati sepi nya Jakarta. Setiap kali libur panjang, apakah itu libur anak sekolahan, libur lebaran dan natal saya tidak membuat jadwal trip kemana-mana. Karena dipastikan tempat yang saya tuju akan sangat ramai pengunjung.

Oleh karena itu masa-masa libur saya lebih senang berada di kota, berkeliling/mengembara seorang diri mengitari kota Jakarta, membuat janji ketemuan dengan teman-teman yang sudah lama tidak saya temui atau mengunjungi tempat makan yang saya sukai.

Atas rekomendasi seorang teman, akhirnya kami pun mengunjungi restaurant ini. Nama Restaurant nya adalah Plan B, dengan konsep masakan Spanyol dan dilayani langsung oleh pemilik yang juga berkebangsaan Spanyol. Hasil wawancara singkat dengan yang punya restaurant, ternyata tempat ini baru dibuka bulan April 2012.

Lokasi nya tidak terlalu ramai dan tempatnya juga tidak besar. Tapi suasananya nyaman dan makanan yang disajikan sangat enak. Semula saya agak ragu apakah masakan yang ada disini sesuai dengan lidah saya. Ternyata diluar dugaan saya, makanannya enak dan tempatnya menyenangkan.

Plan B Spanish Restaurant

Rukan Permata Senayan D25 – 26
Jln. Tentara Pelajar
Jakarta Selatan
DKI Jakarta – 12210

No Telphone: 6221 57940821
www.planbspanishresto.com
planb.spanishresto@gmail.com

Ketika melihat menu yang disajikan kami semua bingung, tidak punya bayangan sama sekali bentuk makanannya dan rasanya akan seperti apa. Akhirnya sang owner membantu kami mendapatkan menu yang kira-kira kami inginkan. Disini pemiliknya sangat ramah, pengunjung yang datang ditangani langsung oleh mereka. Dan jika ingin berkunjung ke restaurant ini ada baiknya melakukan reservasi terlebih dahulu.

Salah satu makanan khas Spanyol yaitu Paella. Paella adalah nasi yang diberi bumbu rempah beserta campuran hasil laut, dimasak di wajan khusus paella (wajan bundar). Dimana proses memasak paella cukup memakan waktu 15-20 menit.

restaurant plan b 8

Black Paella with Ali Oli “Arroz Negro”

Black Paella adalah nasi dengan dibumbui tinta cumi sehingga warna nasi nya menjadi hitam. Ketika paella nya sampai di meja kita, penyajikan akan mengaduk rata paella dan menaburi dengan jeruk lemon. Untuk satu wajan paella porsinya cukup untuk 2 orang. Harga seporsi paella Rp. 160.000,-

restaurant plan b 7

Seafood Paella “Paelo de Marisco”

Seafood Paella hampir sama dengan Black Paella. Hanya saja campuran di nasi nya terdiri dari udang, cumi dan beberapa sayuran. Menurut saya ini versi Paella yang original. Rasanya kaldu sangat kental dan gurih. Ditambah campuran udang, cumi dan sayuran diaduk rata dan ditaburi jeruk nipis membuat paella menjadi sangat kaya rasa. Disajikan dengan bumbu/saos yang merupakan campuran mayonaise, bawang putih dan olive oil.

restaurant plan b 5

restaurant plan b 6

Spanish Tabla

Spanish Tabla adalah roti yang ditaburi dengan tomat dimana diatas roti tersebut kita bisa menambahkan irisan daging dan keju sesuai selera kita. Yang istimewa dari masakan yang ada di restaurant ini adalah rasa keju nya. Saya bukanlah penggemar keju, tapi bagi saya keju yang ada disini enak.

restaurant plan b 4

Spanish Omelette

restaurant plan b 3

Prawns Sauted with Garlic and Parsley

restaurant plan b2

Huevo Roto con Patata y Salsa Pimientos (Broken Egg, Patato, Beef Chorizo with Red Papper Sauce)

restaurant plan b 11

restaurant plan b 8

 

restaurant plan b 10

Interior Plan B

restaurant plan b 12

Berpose dengan salah satu pemilik restaurant.

restaurant plan b 13

restaurant plan b 1

restaurant plan b 14

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

Leave a Reply