Pranayama Yoga

Dibawah ini video penjelasan mengenai teknik nafas pranayama yang saya ambil dari youtube. Menurut saya penjelasan di video ini sangat membantu untuk mengerti tehnik dan cara melakukan gerakan bhastrika, agni sara dan kapalbhati.

Jenis-jenis Nafas Pranayama Yoga antara lain:

1. Bhastrika Yoga

Bhastrika Yoga adalah teknik pernafasan dengan cara menarik dan membuang nafas sekuat tenaga dan dihentakkan. Cara membuang nafas seperti kalau kita hendak membuang lendir di hidung alias ingus. Lakukan sepuluh kali dalam satu putaran kemudian istirahat. Setelah beristirahat, kita dapat melanjutkan kembali sepuluh hitungan. Dan lanjutkan sesuai kemampuan masing-masing.

Jika minggu ini kita sanggup melakukan 2 putaran, ketika melakukannya lagi minggu depan tinggal tambahin 1 putaran lagi sehingga menjadi 3 putaran. Begitu seterusnya, tiap minggu terdapat peningkatan.

 

 

2. Agni Sara.

Agni Sara adalah teknik pernafasan pranayama dengan cara. Pertama-tama ambil nafas yang panjang, kemudian buang nafas sampai habis, tahan kemudian gerak-gerakkan perut sebanyak 10 kali. Setelah itu tarik nafas dan beristirahat.

Lakukan satu putaran lagi dengan gerakan yang sama. Untuk pertama kali melakukan agni sara saya sarankan lakukan 2 putaran saja. Jika hendak melakukannya minggu berikutnya tambahkan 1 putaran lagi. Sehingga ada peningkatan dan kita dapat melihat hasil dari gerakan tersebut.

3. Kapalabhati.

Kapalabhati adalah gerakan nafas pranayama dengan cara memompa perut. Perut dihentak-hentakkan sehingga permukaan perut kembung kempes secara cepat. Ini sangat baik buat kekuatan dan memperbesar kapasitas paru-paru kita, juga buat perkuatan otot perut.

Cara melakukannya dapat dilihat dari penjelasan video berikut ini:

 

Selamat mencoba Pranayama Yoga.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

1 thought on “Pranayama Yoga”

Leave a Reply