Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk adalah salah satu objek wisata yang cukup baik yang ada di Jakarta. Untuk melihat pemandangan hijau tidak perlu menempuh perjalanan yang jauh dan memakan waktu yang lama. Ternyata di kota Jakarta kita masih bisa menikmati suasana asri dan menyatu dengan alam.

Hutan Mangrove di Pantai Indah Kapuk

Terletak di wilayah kotamadya Jakarta Utara, terdapat hutan mangrove Taman Wisata Alam Angke Kapuk – Pantai Indah Kapuk dengan luas area 99.82 Ha. Disini disediakan wisata air, wisata hutan, taman rekreasi dan juga kegiatan penanaman mangrove.

Yang saya lihat ketika berada di TWA Angke adalah pihak pengelola masih dalam tahap pembenahan dan relokasi hutan mangrove, jadi masih terdapat pembenahan disana sini.

Fasilitas yang ada Taman Wisata Alam Angke Kapuk:

Tiket Rekreasi
– Turis Domestik Rp. 10.000/orang
– Turis Asing Rp. 23.000/orang
– Parkir Mobil Rp. 5.000/orang
– Parkir Bis Rp. 25.000/orang

Wisata Air
– Naik Perahu Rp. 150.000 – 200.000/6 orang
– Kano Rp. 50.000/45 menit

Wisata Hutan
– Berkemah
– Wisata Alam
– Pemotretan pendidikan dan penelitian
– Penginapan, pondok alam dan rekreasi keluarga
– Berkemah dengan penginapan permanen/pondok kemah
– Berkemah dengan tenda non permanen

Paket Penanaman dan Konservasi
– Penanaman Mangrove Rp. 150.000 per orang (kaos, makan siang, 2 pohon bibit)
– Kegiatan Penanaman nostalgia Rp. 500.000 per orang (kaos, bibit dan papan nama)

Cara Mencapai Lokasi:

  • Dari arah tol bandara Soekarno – Hatta, keluar tol arah Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk arah Waterboom, Golf dan Garden House – TWA.

  • Dari Pluit keluar Muara Karang masuk Pantai Indah Kapuk terus Rumah Sakit PIK, Waterboom dan Golf, Garden House – TWA.

  • Dari Tol JORR Lingkar Barat keluar Kamal terus ke jalan Kamal Raya, masuk komplek Elang Laut, PIK arah Waterboom Golf, Garden House – TWA.

taman wisata alam angke kapuk 1

Penanaman kembali hutan mangrove

Program penanaman kembali hutan mangrove adalah sesuatu yang cukup penting menurut saya. Dimana peremajaan hutan mangrove sangat dibutuhkan oleh kota Jakarta yang sangat padat akan penduduk. Dengan adanya hutan mangrove diharapkan biota dan kelestarian ikan yang hidup disini tidak musnah.

Dengan menyumbangkan sejumlah uang kita sudah membantu kelestarian hutan. Dan ini juga dapat dijadikan ajang kebersamaan, seperti contohnya perusahaan, komunitas pecinta lingkungan dan lain-lain. Sambil melakukan aktivitas lingkungan kita pun dapat melakukan kegiatan yang sangat fun disini.

taman wisata alam angke kapuk 2

taman wisata alam angke kapuk 3

Pemandangan dari atas menara pengawasan, dimana kita bisa mengawasi binatang yang ada disekitar hutan. Dari atas sini dapat dilihat pelabuhan.

taman wisata alam angke kapuk 5

taman wisata alam angke kapuk 4

Oleh karena itu tidak perlu jauh-jauh untuk dapat merasakan suasan hutan mangrove yang ada di Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Kesan hijau di pusat kota sudah bukan sesuatu yang sulit lagi untuk didapatkan.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

8 thoughts on “Taman Wisata Alam Angke Kapuk”

  1. It looks and sounds like there are lots of ways for people to get out and enjoy the natural world where you are in North Jakarta. We love walking in the woodland near us too. I certainly believe spending time enjoying the natural world can make us feel calm and peaceful. Thanks for visiting and following my blog ­čÖé

Leave a Reply