Benefits of yoga poses

manfaat yoga 1

Manfaat Yoga sudah sering kita dengar. Dan banyak penelitian telah membenarkan hal tersebut. Tetapi adalah baiknya jika saya membuat daftar manfaat Yoga, sehingga ketika hendak melakukan gerakan kita menjadi semangat. Karena apa yang kita lakukan tidaklah sia-sia, melainkan mempunyai efek yang luar biasa buat tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat Yoga yang saya rangkum dari beberapa sumber yang pernah saya baca.

Perkuatan Tulang, Otot, dan Sendi.

Yoga membuat tubuh membuat tubuh menjadi kuat. Karena melibatkan semua otot dalam tubuh. Dimana tubuh menahan dan menyeimbangkan seluruh gerakan. Berbagai gerakan didalam yoga bertujuan untuk memperkuat kaki, tangan, perut, punggung, dan bahu.

Sebagai peregangan dan latihan pernapasan, yoga berfungsi meningkatkan fleksibilitas, membantu perkuatan sendi, tendon, dan otot tetap lentur. Orang yang menderita osteoarthritis atau rheumatoid arthritis merasakan perubahan yang nyata. Dimana rasa nyeri dan gejala rematik lainnya perlahan-lahan berkurang dengan berlatih secara teratur.

Meningkatkan daya tahan tubuh, terutama untuk gerakan aliran ashtanga, power yoga, Vinyasa ataupun Bikram. Pada beberapa aliran tertentu, kita diarahkan pada gerakan yang berurutan dan kontinu dimana menjadi lebih menantang karena kita akan tau dimana letak kemajuan kita.

Berbeda dengan gaya yoga yang lebih lembut yang mengharuskan kita untuk menjaga tubuh dalam gerakan konstan antara satu pose ke pose berikutnya.

Hatha yoga dapat meringankan punggung kronis dan sakit leher, karena pose dan postur lembut meregangkan dan memperkuat otot-otot punggung dan leher.

Gerakan yoga sering dijadikan alternative yang baik untuk membantu menyembuhkan berbagai cedera, termasuk cedera lutut dan punggung, paha belakang ketarik atau keseleo. Tentu saja, kita harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan gerakan ini sebagai pengobatan untuk cedera apapun!

Yoga adalah latihan beban yang sangat baik yang dapat meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini terutama bermanfaat bagi wanita menjelang menopause, karena yoga dapat membantu menangkal osteoporosis, atau penipisan tulang.

Membantu Sistem Kardiovaskular

Yoga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa bagi jantung Anda. Terutama gerakan lembut yoga menurunkan tekanan darah karena gerakan tersebut membuat darah mengalir merata ke seluruh tubuh dimana sementara kita fokus pada pernapasan.

Orang yang menderita hipertensi bisa mendapatkan keuntungan dari yoga, seperti hatha yoga dapat menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

Banyak praktisi mengklaim bahwa yoga juga telah menurunkan kolesterol. Gaya yoga adalah bentuk yang sangat baik untuk kondisi jantung yang mana memperkuat otot inti, dimana disatu sisi membuat darah dan sirkulasi oksigen mengalir merata ke seluruh tubuh kita.

Bermanfaat bagi Kesehatan Mental.

Yoga bermanfaat untuk kesehatan mental dengan membantu lebih santai, dan ini merupakan bentuk efektif terapi psikologis. Yoga mengurangi kecemasan dan stres, mengakibatkan kesehatan yang lebih baik, mood yang lebih baik, dan konsentrasi yang lebih baik sepanjang hari.

Yoga telah digunakan untuk membantu mengobati berbagai gangguan emosional dan mental, termasuk kecemasan akut, depresi, dan perubahan suasana hati.

Bahkan anak-anak bisa mendapatkan keuntungan dari yoga. Mereka dengan gangguan hiperaktif dan dapat belajar untuk rileks dan mendapatkan kontrol dengan menggunakan pernapasan yoga dan yoga asanas.

Karena yoga adalah bentuk meditasi, itu menghasilkan rasa kedamaian batin dan tujuan, yang memiliki manfaat kesehatan yang luas. Yoga telah digunakan untuk membantu menyembuhkan para korban penyiksaan atau trauma lainnya.

 

manfaat yoga 2

Untuk Kondisi Kesehatan Lainnya

Yang  memiliki keluhan sakit kepala? Yoga dapat menyingkirkan kita dari sakit kepala akibat ketegangan dan migrain.  Karena yoga memperlancar peredaran darah dan oksigen kebagian kepala.

Latihan yoga yang rutin akan membantu meningkatkan antioksidan seluruh tubuh. Sehingga sistem kekebalan tubuh lebih kuat dan meningkatkan kemampuan untuk cepat sembuh dari penyakit atau cedera.

Yoga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menjaga berat badan. Gaya yoga membakar kalori sehingga mengakibatkan penurunan berat badan. Banyak wanita akan mengalami menopause melaporkan pengurangan gejala saat mereka mulai berlatih yoga.

Bermanfaat dalam Kehidupan Sehari-hari.

Yoga dapat membantu menyembuhkan insomnia, dengan melakukan yoga dengan rutin dapat membantu kadar tidur yang lebih baik. Yoga membantu melawan kelelahan dan menjaga energi sepanjang hari. Yoga adalah pengobatan yang efektif untuk berbagai penyakit autoimun karena dapat mengurangi gejala penyakit yang menyebabkan kekakuan, kelelahan, dan keletihan.

 

manfaat yoga 3

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

7 thoughts on “Benefits of yoga poses”

    1. hai mbak. seperti yang dicantumkan diatas, manfaat yoga juga berlaku untuk ibu hamil. Gerakannya juga tidak ada bedanya dengan gerakan yoga pada umumnya, hanya semua disesuaikan dengan kemampuan tubuh masing-masing.

        1. Maaf karin. Koq aku baca namamu syafilla sich. Wkwkwk. Ayukkk semangat yach karin. Yg penting kemaren sudah pernah nyobain kan yach. Setidaknya sudah usaha. Hehehe.. sehat2 terus yach.

Leave a Reply