Rutin Melakukan Gerakan Yoga di Rumah

melakukan gerakan yoga secara rutin di rumah

 

Bagi yogini pemula mengikuti kelas yoga adalah peluang yang sangat baik untuk dapat belajar pose atau gerakan yang benar dari guru. Selain mendapatkan ilmu, para yogini juga dapat berinteraksi dan mendapatkan komunitas yang menyenangkan.

Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil/manfaat yang maksimal, maka dianjurkan untuk melakukan gerakan yoga rutin di rumah setiap hari secara mandiri. Gerakan yang kita lakukan setiap hari akan membantu kita memahami beberapa pengetahuan mendasar tentang gerakan tersebut.

Siapapun dapat melakukan yoga secara mandiri di rumah. Kita tidak harus menjadi guru untuk melakukan yoga rutin di rumah.

Untuk melakukan praktek yoga, dibutuhkan disiplin waktu dan sikap konsisten dalam melakukannya. Beberapa menit setiap hari adalah lebih baik daripada beberapa jam tetapi hanya dilakukan sekali seminggu.

Hal yang saya dapat ketika melakukan gerakan yoga adalah kita dapat berimprovisasi terhadap gerakan yang kita lakukan dan mengetahui secara spesifik dimana letak kemajuan yang telah kita capai.

Tips untuk melakukan yoga rutin di rumah :

Buatlah singkat.

Setidaknya luangkan waktu selama 15 – 20 menit setiap hari. Setelah bangun di pagi hari, sebelum mandi, sebelum sarapan, disela-sela waktu istirahat, sebelum makan malam setelah pulang dari kantor, semua terserah.

Ketika saya sudah menentukan waktu yang benar-benar sesuai dengan kondisi badan saya, buatlah hal tersebut menjadi rutinitas. Commit!

Lakukan gerakan yang sederhana dahulu.

Bagi saya pribadi, Suryanamaskara 20 rounds adalah gerakan yang paling sederhana untuk dilakukan setiap hari. Gerakan ini mencakup semua gerakan yang ada dan cukup menguras keringat di tubuh.

Setelah Anda dapat melakukan gerakan ini di minggu-minggu pertama, minggu selanjutnya saya akan menvariasikannya dengan gerakan lain. Seperti misalnya dengan menambahkan Standing Pose, Twist Pose, Forward Bend, Backbend, dll.

Buatlah senyaman dan semenyenangkan mungkin.

Saya bisa menambahkan musik yang ringan ketika hendak melakukan gerakan yoga. Atau cahaya lilin sehingga suasananya lebih rileks dan lakukan gerakan pranayama.

 

yoga rutin di rumah

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

Leave a Reply