Menikmati Kulineran di Kota Solo

Ketika berkunjung ke Solo tidaklah sah rasanya jika tidak menikmati kulineran di kota Solo. Berkeliling mengitari kota Solo, tidak lepas dari Wisata Kuliner atau Makan. Tempat makan yang kami kunjungi selama perjalanan di Kota Solo antara lain:

1. Warung Soto Ayam Gading 1.

Warung Soto Ayam Gading 1 berada di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, Gading, Solo. Lokasi warung soto ini tidak jauh dari alun-alun selatan Keraton Solo.

 

P1070079_resize

Soto yang biasa di sajikan di Solo rata-rata kuahnya bening dan ada campuran nasi. Rasa kuahnya gurih dan lembut. Dan yang menarik adalah makanan selingan/tambahan yang bervariasi menjadikan soto di tempat ini menjadi tambah menarik. Anda dapat memilih tempe, tahu, empal, sate uritan, brutu, perkedel, sate kerang, galantin, aneka jeroan, dan masih banyak lagi.

Warung soto ini terkenal karena Presiden dan juga Para Petinggi/Pejabat negeri ini sering berkunjung ke warung soto Gading 1 jika mereka berada di Solo, tempatnya sangat sederhana jauh dari kesan mewah. Walaupun warung ini sering dikunjungi oleh Para Petinggi tetapi harga makanan di warung ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 8.000,- untuk soto sedangkan untuk lauknya, rata-rata harganya mulai dari Rp 1.000,-.

Jika Anda ingin mengunjungi warung Soto Gading 1, pastikan datang antara pukul 05.30 – 15.30 WIB.

 

2. Sate Kambing Tambak Segaran

Warung Sate Kambing Tambak Segaran berada di Jalan Tambak Segaran No. 39 – Solo. Terletak di sebelah barat kampung Widuran dan sebelah timur Pasa Legi.

IMG_0896

 

IMG_0899 copy

Menu andalan di warung ini yang pasti sate buntel. Sate kambing khas Solo yang dibuat dari daging yang dibalut lemak kemudian dibakar dengan bumbu sate yang sedap. Selain Sate Buntel, disediakan juga menu Gule Sum sum, Tongseng, dll. Untuk yang satu ini saya acungkan jempol sepuluh dech. Enak bangat, saya sangat suka sate kambing dan semua jenis masakan dari daging kambing.

 

IMG_0897 copy

 

3. Bebek Goreng H. Slamet Kartasura.

Bebek Goreng H. Slamet Kartasura sudah dapat ditemukan dibanyak tempat di kota Solo. Cabang nya sangat banyak dan juga ada di kota-kota besar lainnya yang ada di Indonesia. Tetapi bebek goreng H. Slamet Kartasura yang kami kunjungi saat itu berada di Jalan Sedahromo Lor RT 01 RW 07, Kartasuro, Sukoharjo, Jawa Tengah.

 

 

IMG_0907 copy

Bebek Goreng H. Slamet Kartasura saat ini memiliki banyak cabangnya di Jakarta, Bekasi, Yogyakarta, Semarang, Gresik, dan Bogor. Jadi tidak perlu jauh-jauh harus ke Solo untuk menikmatinya. Bebek yang disajikan disini dagingnya empuk dan gurih.

Kami memilih bebek goreng beserta sambalnya korek. Untuk sambalnya saya benar-benar menyerah karena sangat pedas.

 

4. Sate Ayam Ponorogo Pak Mangun SiBun

Sate Ayam Ponorog Pak Mangun Sibun berada di Jalan Monginsidi No. 91 – Proliman Balapan Solo Kota/Banjarsari

IMG_1104

Yang saya suka dari sate ayam ponorogo di warung ini adalah bumbu kacangnya lembut, enak sekali. Bagi saya pribadi, rasa sate ayam sepertinya sama saja dimana-mana. Semuanya enak dan enak bangat. Asal dibakar matang merata dan bumbu kacangnya pas, bagi saya sudah enak.

Tapi jika diminta menilai Sate di tempat/lokasi yang mana yang gurih dan enak, saya agak kesulitan memberi penilaian. Maafkan saya, karena tidak bisa memberi rekomendasi yang baik dan benar mengenai sate ayam. wkwkwkwkwk

IMG_1119

Setelah puas menikmati kuliner yang ada di Solo, sekarang waktunya mengunjungi Tempat Batik.

IMG_1057

 

IMG_1063

Beranekaragam jenis, type batik dengan kualitas terbaik ada disini.

 

IMG_1073

Ibu yang satu ini sangat senang sekali berada di toko batik, karena baginya batik ibarat harta karun. Kalau dipikir-pikir sich ada benarnya juga. Batik adalah harta kebanggaan buat masyarakat Indonesia. Jadi sudah seharusnya kita sebagai warga Indonesia bangga akan Batik.

 

IMG_1075

 

IMG_1056

IMG_1029 copy

 

IMG_1048

Disaat ibu-ibu yang lain asyik mencari kain dan baju pilihan mereka, saya dan teman saya Martha malah sibuk berfoto-foto (mencari kesibukan sendiri).

Selama di Solo, kami menginap di Hotel Ibis Solo, di Jln. Gajah Mada No. 23. Beberapa foto dibawah ini adalah suasana disekitar Hotel Ibis.

IMG_1017

 

IMG_0989

 

P1070191_resize

Perjalanan ke Solo adalah salah satu perjalanan saya bersama teman-teman yang sangat menyenangkan. Selain menikmati kulineran di kota Solo, kami juga menikmati kebersamaan setelah sekian lama tidak bertemu. Semoga dilain kesempatan kami dapat berkunjung ke kota lain seperti moment di Solo.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

Tinggalkan Balasan