Perjalanan ke Bali dan Lombok

Salah satu pemandangan indah yang ada di Indonesia adalah Pulau Bali dan Lombok. Dan saya beruntung bisa melakukan perjalanan Bali dan Lombok sekaligus. Untuk pulau Lombok, saya hanya membahas sedikit saja, karena petualangan saya di Lombok saat itu belum memuaskan.

Saya akan kembali membuat trip bersama teman saya di awal Bulan Mei tahun ini dan saya akan menulis lebih detail mengenai pantai-pantai indah yang ada di Lombok.

Perjalanan Bali dan Lombok kali ini lebih banyak saya habiskan dengan menikmati pertunjukan seni dan olahraga air.

Tempat yang saya kunjungi di Bali.

Di Bali saya menyaksikan pertunjukan tari Barong dan Kecak. Kemudian mengunjungi beberapa lokasi pantai yang sebenarnya saya sudah pernah kunjungi sebelumnya. Dan yang beda kali ini saya mencoba merasakan sensasi bermainĀ air di Tanjung Benoa yaitu parasailing, glass bottom and Turtle Island.

perjalanan bali dan lombok 1

Pantai Padang-padang

Pantai Padang Padang adalah pantai tersembunyi diantara karang-karang. Jika kita mau ke pantai ini akan melewati terowongan karang dan menuruni beberapa tangga yang lumayan curam. Tetapi sesampainya di pantai tersebut voalaaaa cantiknya.

Pantai ini merupakan salah satu spot syuting “Eat Love and Pray” yang diperankan oleh Julia Robert.

Saya mengunjungi pantai ini untuk yang kedua kalinya. Kali ini pengunjungnya sangat ramai dibanding kunjungan saya pertama kali. Kemungkinan karena pantai ini sudah cukup dikenal orang banyak setelah peluncuran film diatas.

perjalanan bali dan lombok 2

Pertunjukan Tari Barong

Menikmati Pertunjukan Tari Bagong di Batu Bulan. Saat itu saya mengikuti pertunjukan jam 09:30 AM dengan biaya Rp. 80.000,-

perjalanan bali dan lombok 3

 

Asal usul Kata barong berasal dari kata bahruang yang berarti binatang beruang, merupakan seekor binatang mythology yang mempunyai kekuatan gaib, dianggap sebagai binatang pelindung.

Tari Barong adalah Tarian yang paling banyak didapatkan di bali dan yang paling sering dipentaskan serta memiliki jenis perbendaharaan gerak tari yang lengkap. Barong merupakan perpaduan antara singa, macan, sapi atau bona. Badan barong ini dihiasi dengan ukir ukiran dibuat dari kulit, ditempeli kaca dan bulunya dibuat dari braksok, ijuk atau pula dari bulu burung gagak.

Didalam barong ini diusung oleh 2 (dua) orang penari yang dinamakan juru saluk ataupun juru bapang. Lakon ini pada umumnya menggambarkan pertarungan antara kebajikan dan keburukan. Dimana thema ini hampir selalu menjadi dasar dalam lakon-lakon seni pertunjukan Bali.

Gambelan untuk mengiringi tari barong ini adalah gambelan bebarongan yang berlaras pelog. Di beberapa tempat ada juga yang diiringi dengan gambelan semar pegulingan.

Pertunjukan Tari Kecak

Dan sorenya saya bersama teman-teman saya mengunjungi tari Kecak di Pura Uluwatu. Pertunjukan diadakan setiap hari jam 18:00 dengan harga tiket Rp. 70.000,-

Kami mengambil posisi tempat duduk pas menghadap Barat. Pertunjukan dimulai dengan Background Matahari tenggelam. Suatu pemandangan yang sangat indah.

Tari kecak bercerita mengenai Rama dan Shinta dengan diiringi oleh 50-100 orang penari laki-laki dengan posisi melingkar, menggerakkan jari-jari sambil menyuarakan suara cak..cak..cakk.. waduh merinding dech menontonnya karena saya merasakan bahwa tarian ini sangat hidup.

Belum lagi yang memerankan tokoh Hanoman nya sangat kocak dan kadang-kadang berinteraksi dengan penonton dengan adegan jahinya. Ini pertunjukan yang sangat saya rekomendasikan setiap kali ada teman yang bepergian ke Bali.

perjalanan bali dan lombok 4

perjalanan bali dan lombok 5

Berpose dengan pemain Rama dan Shinta.

Perjalanan Ke Lombok

Hari Kedua kami menyeberang dari Pelabuhan PadangBai Bali menuju Pelabuhan Lember Lombok dengan kapal. Perjalanan dari Bali ke Lombok sekitar 4 jam dengan biaya Rp. 33.000,-. Kami berangkat jam 8 dan sampai di Lombok 12 siang.

Desa Sade Lombok

Sesampainya di Lombok kami langsung mengunjungi Desa Sade. Desa Sade adalah perkampungan khas suku Sasak. Suku Sasak adalah penduduk asli Pulau Lombok. Sebagian penduduk bermata pencaharian sebagai petani, sedangkan kaum perempuannya mahir bertenun dan memproduksi kain ikat Lombok.

perjalanan bali dan lombok 6

perjalanan bali dan lombok 7

Pantai Kuta Lombok

Setelah dari Desa Sade, saya dan teman-teman melanjutkan perjalanan ke Pantai Kuta Lombok dan Tanjung A’an. Pantai Kuta selalu identik dengan Bali, tapi di Lombok juga ada pantai dengan nama yang sama yaitu Pantai Kuta.

Pantai Kuta dan Tanjung A’an jaraknya lumayan dekat. Jadi kita bisa menjajaki 2 spot sekaligus di tempat yang berdekatan. Di Pantai ini pasirnya berupa butiran-butiran berwarna butih dan bentuknya seperti lada/merica. Dan tidak jarang turis menyebut pantai Kuta sebagai Pantai Merica.

Setiap tahun di bulan Februari di Pantai Kuta diadakan acara ritual tahunan yaitu Bau Nyale. Nyale itu adalah cacing laut yang berwarna warni yang hidup di dasar laut.

Dan hanya muncul ke permukaan setahun sekali. Dan muncul dibeberapa spot di pantai Lombok, salah satu nya adalah pantai Kuta. Nyale dipercaya memiliki kadar protein yang tinggi dan zat-zat yang mampu membasmi kuman

Perayaan bau nyale ini sendiri tidak lepas dari adanya mitos Putri Mandalika. Dikisahkan bahwa Putri Mandalika merupakan gadis pujaan banyak pangeran dan menjadi rebutan.

Sampai akhirnya sang putri memutuskan untuk menceburkan dirinya ke laut selatan karena tak ingin terjadi tumpah darah antara pangeran-pangeran yang memperebutkannya. Masyarakat setempat percaya bahwa Putri Mandalika hadir setiap tahunnya dalam wujud Nyale.

Hari sudah menjelang malam dan kami pun menginap di penginapan disekitar Pantai Senggigi.

perjalanan bali dan lombok 8

perjalanan bali dan lombok 9

Saya berpose di pantai Senggigi tepat dibelakang hostel tempat kami menginap.
perjalanan bali dan lombok 10

Gili Trawangan Lombok

Hari ini kami berencana menyeberang menuju Gili Trawangan. Menuju ke pelabuhan Bangsal yang membawa kami menyeberang, kami singgah terlebih dahulu di Malimbu.

Dari Malimbu kita dapat melihat tiga pulau yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air dari sini. Kali ini kami hanya berkunjung ke Gili Trawangan.

Lama perjalanan dari Lombok ke Gili Trawangan adalah 20 menit dan harga tiket untuk menyeberang adalah Rp. 10.000,-. Kapal yang digunakan adalah kapal nelayan, dengan kapasitas sekitar 20 – 30 orang.

perjalanan bali dan lombok 11

Tiba di Gili Trawangan beristirahat sejenak, lalu pergi ke tempat penyewaan sepeda dan alat snorkling. Biaya untuk menyewa sepeda dan alat snorkling adalah Rp. 50.000,- seharian. Kami bersepeda mengelilingi pulau, dengan perjalanan yang sangat santai waktu yang kami tempuh sekitar 3 – 4 jam.

Di spot tertentu teman saya bersnorkling sedangkan saya dan teman lainnya duduk bersantai ria di pinggir pantai sambil makan plecing kangkung, salah satu masakan khas Lombok.

Fakta yang cukup membuat saya agak terkagum-kagum adalah jumlah turis mancanegara sangat banyak sekali dibandingkan turis domestik. Bulan itu adalah bulan April dan mulai menjelang musim panas/musim libur bagi warga di belahan dunia sana.

Oleh karena itu Lombok ataupun Gili Trawangan adalah salah satu lokasi yang sangat cocok bagi turis mancanegara untuk berkunjung.

Hari telah menjelang malam dan kami pun kembali ke penginapan. Sebelum sampai di penginapan kami melihat beberapa cottage mulai mempersiapkan diri untuk barbeque party di malam hari. Dan kebetulan hari itu adalah hari Jumat dimana setiap Jumat Malam adalah hari berpesta disini.

perjalanan bali dan lombok 14

perjalanan bali dan lombok 13

perjalanan bali dan lombok 12

Pagi keesok hari nya kami bangun pagi-pagi mengitari pulau sejenak untuk menikmati pengalaman sunrise. Sayangnya matahari saat itu malu-malu menunjukkan diri dan langit cukup berawan. Kami kembali ke penginapan beberes barang bawaan dan melanjutkan perjalanan kembali ke lombok.

perjalanan bali dan lombok 15

Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Berangkat jam 9 pagi dan sampe di pelabuhan lombok sekitar jam 09: 20. Perjalanan kami lanjutkan ke Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep.

perjalanan bali dan lombok 16

Air Terjun Sendang Gile terletak di ketinggian 600 m di atas permukaan laut dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter. Lokasi wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Konon nama Sendang Gile diambil dari cerita penduduk setempat yang secara tidak sengaja menemukan air terjun ini kala memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke hutan.

Tak jauh dari Air Terjun Sendang Gile, di lokasi ini juga akan ditemui dua air terjun lain yaitu Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Batara Lejang. Posisi keduanya berada di atas air terjun ini ke arah hulu.

Saya sangat bahagia ketika melakukan perjalanan Bali dan Lombok. Dan rasa kangen untuk berkunjung lagi kesana rasanya masih ada. Semoga dilain kesempatan dapat berkunjung kesini lagi.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

4 thoughts on “Perjalanan ke Bali dan Lombok”

  1. mbk kerja dimana sih kok bisa holiday yha?
    enak bener, kami aja ngajuin ijin 2 hari bos sudah ngomel2 ujung2nya ga dikasi cuti…

Leave a Reply