Back Bend Yoga Pose

Back Bend Yoga adalah gerakan punggung yang mana membalikkan bentuk tulang belakang yang cenderung berlawanan. Karena ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari secara tidak sadar kita melakukan pembalikan bentuk tulang belakang. Yang mana dari kebiasaan-kebiasaan tersebut berakibat gangguan kesehatan punggung yang kronis.

Gerakan-gerakan pembalikan tulang belakang dalam istilah Yoga disebut back bend yoga. Dan gerakan ini buat saya yang terbiasa bungkuk sangatlah tidak mengenakkan. Dan berefek pegal-pegal sehari setelah melakukan gerakan yoga ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh Back Bend Yoga yang biasa kami lakukan di kelas Yoga kami, yaitu:

back bend yoga 1

 Gerakan 1.

Pada prinsip nya sequence dalam Back Bend Yoga 1 tidak jauh berbeda dengan sequence Surya Namaskar. Hanya pada gerakan no. 2 pada back bend 1 diganti dengan pose seperti yang ada di foto.

Pose ini berfokus pada punggung bagian atas, dimana tangan dan pantat ditarik ke belakang sejauh mungkin dan posisi ini dijaga sehingga tulang belakang benar-benar bekerja maksimal.

 

back bend yoga 2

Gerakan Yoga 2.

Hampir sama dengan foto 1. Hanya posisi gerakan no.7 kaki kiri ditekuk ke depan, dada dibusungkan dan badan dijatuhkan sejauh mungkin ke belakang. Posisi tangan membantu badan untuk jatuh semakin jauh kebelakang.

Posisi ini membuat punggung bagian tengah di stretch. Posisi no.7 lanjut ke posisi no.8 kemudian kembali ke posisi no.4. Untuk ganti kaki di posisi no. 7 yang tadinya kaki kiri ditekuk, sekarang diganti menjadi kaki kanan. Perpindahan kaki kiri ke kanan ataupun sebaliknya hitungannya menjadi 1 round. Dan kita melakukannya dalam hitungan 5 round.

 

back bend yoga 3

Gerakan Yoga 3.

Tidak berbeda dengan foto 1.  Hanya pada foto, posisi 2 diganti dengan pose ini. Tangan dan badan jatuh kebelakang sejauh mungkin. Pose ini menarik/men-strecth-kan semua bagian tulang belakang.

Sekian pose minggu ini. Semoga bermanfaat.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

Leave a Reply