Perjalanan ke Beijing Hari Pertama

Perjalanan ke Beijing hari pertama kami lakukan di hari kedua di tahun yang baru. Saya dan teman seperjalanan saya melakukan perjalanan untuk yang pertama kalinya di tahun 2013. Yaitu mengunjungi Beijing. Ini adalah pengalaman pertama saya merasakan musim salju/winter. Dan ini adalah salah satu cita-cita dan impikan sejak saya masih kecil.

Semuanya serba pertama. Dan rasanya sangat menyenangkan.

Jakarta – Kuala Lumpur – Beijing.

Perjalanan menuju Beijing kami tempuh dengan pesawat Air Asia dimana kami transit/transfer terlebih dahulu di Malaysia. Dengan rute JAKARTA (11:30) – KUL (14:30) AIRASIA QZ819 di LCCT Malaysia dan kemudian penerbangan berlanjut dari KUL (19:10) – PEK (01:15/03-01-2013) dengan AIRASIA D7 316 di Beijing Capital Airport Terminal 2.

perjalanan ke beijing hari pertama 1

Lounge Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

perjalanan ke beijing hari pertama 2

Tiba di Ruang Tunggu Transit Terminal LCCT Malaysia

Sepanjang menanti 5 jam di bandara saya dan teman saya makan, nongkrong dan bersenda gurau sehingga tanpa terasa kami sudah akan berangkat lagi menuju Beijing.

Dimana perjalanan ke Beijing ditempuh dalam waktu sekitar 6 jam. Pesawat Air Asia dengan jenis Airbus 330-300, menurut saya pribadi lumayan nyaman untuk perjalanan yang cukup jauh. Pesawat yang sama yang pernah saya tumpangi ketika saya dan teman-teman trip melakukan perjalanan backpacker ke Seoul-Korea Selatan.

Perjalanan ke Beijing Hari Pertama.

Sesuai dengan jadwal penerbangan kami tiba di Beijing sekitar jam 01:30 pagi waktu setempat. Selesai melakukan proses imigrasi sekitar jam 2. Rencananya kami istirahat dan makan terlebih dahulu di Bandara. Menanti Airport Express Train yang mulai beroperasi jam 06:10 pagi.

Kami merasa tidak perlu terlalu terburu-buru untuk sampai ke penginapan dikarenakan peraturan check in hotel tempat kami menginap yaitu jam 12:00 siang. Oleh karena itu kami menggunakan waktu yang ada sekitar 4 jam untuk tidur di Bandara.

Sebenarnya selain airport express train kami sebenarnya bisa menggunakan bis. Tapi setelah dipikir-pikir kami memutuskan untuk tidur dan istirahat sejenak di ruang tunggu Bandara.

Airport Beijing City (ABC).

Beijing Airport Subway/Airport Express Train posisinya terletak di lantai Basement 2 Bandara. Jika kita keluar dari ruang ketibaan akan ditemukan signage yang menuntun kita menuju ke terminal bis ataupun terminal Express Train.

Dan signage tersebut sangat mudah ditemui, informatif dan menggunakan tulisan kanji dan inggris sekaligus. Sesuatu yang jauh dari perkiraan dan kekuatiran awal saya. Dimana saya menduga akan tersesat dan akan mengalami kesulitan dikarenakan perbedaan bahasa. Sedangkan saya sama sekali buta akan bahasa tersebut.

Beijing Airport Subway atau dikenal sebagai ABC (Airport Beijing City), merupakan salah satu transportasi yang menghubungkan bandara Beijing dengan pusat kota. Kereta bawah tanah bandara ini hanya memiliki empat pemberhentian yaitu Dongzhimen, Sanyuanqiao, Terminal 2 dan Terminal 3 dari bandara Beijing.

Masuk ke halte Beijing Airport Subway kita harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket yaitu RMB 25/person dan hanya berlaku sekali pakai.

Dari T2 Bandara Beijing menuju Dongzhimen ditempuh dalam 30 menit dan satu kali pemberhentian yaitu halte Sanyuanqiao. Dari Dongzhimen, pemberhentian terakhir Beijing Airport Subway kita disambungkan ke subway kota. Berhubung kami menginap di Novotel Hotel Xin Qiao, kami seharusnya berhenti di terminal Chongwenmen.

Novotel Xin Qiao Beijing.

Berhubung informasi yang salah, kami berhenti di terminal Beijing Railways Station, satu stop sebelum terminal Chongwenmen. Dan betapa terkejutnya saya, walaupun terlihat hanya satu stop saja, kita cukup kewalahan ternyata jaraknya jauh sekali dengan berjalan kaki.

Kebingungan dan penyesuaian diri dengan cuaca yang ada membuat saya dan teman saya membeku di tengah kesibukan pusat kota. Dan disini adalah awal perjalanan ke Beijing hari pertama kami. Akhirnya kita berhenti dan menghangatkan diri di McDonal pertama yang kami lihat. Wkwkwkwkwk, kalau saya ingat lagi ini pengalaman yang sangat lucu yang pernah saya alami.

Dan waktu yang kami tempuh dari Beijing Railways Station menuju Hotel cukup satu jam saja dengan berjalan kaki. Kocak.. kebingungan, kesel, saling beradu argumen dan kedinginan. Hehehehehe..

jam 10:00 pagi akhirnya sampai juga ke penginapan. Kita early check in, mandi dan beberes kamar. Kemudian mencari tempat makan dan jalan mengitari tempat wisata sekitar penginapan.

perjalanan ke beijing hari pertama 3

Tampilan Kamar di Novotel Xin Qiao Beijing.

Demikianlah perjalanan ke Beijing hari pertama saya. Mengenai penginapan akan saya ceritakan di halaman berikutnya.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

8 thoughts on “Perjalanan ke Beijing Hari Pertama”

1. Hi Mbak Adel, mau tanya ya.
    Kalau dari Novotel Xin Qiao bisa jalan kaki ke Forbidden City?
    Lebih oke mana Novotel Xin Qiao atau Novotel Beijing Peace?
    Makasih

2. hi mba, saya mau tanya itu pas di bandara beijing ketika dibagian imigrannya mencakup pemeriksaan apa ajj ?

1. maksudnya jasa pembuatan itu apa yach mas. kalau sudah keluar visa kan pihak imigrasi hanya mencocokkan data sesuai dengan visa pada pasport. Nga ditanya yg gimana2 koq.