Ming Tombs dan Mutianyu Great Wall

Perjalanan ke Ming Tombs dan Mutianyu Great Wall sudah ada dalam list itinerary kami. Dan saya sangat antusias akhirnya bisa berkunjung ke tempat yang sangat indah dan terkenal akan budaya dan sejarahnya.

Setelah perjalanan dari jakarta ke Beijing yang sudah saya ceritakan disini. Dan di hari kedua kami mengitari pusat kota Beijing. Hari ini saya dan teman seperjalanan saya berencana ke mutianyu great wall. Kami menyewa jasa pemandu “one day trip” dari hotel tempat kami menginap.

Dan hari ini pemandu nya janji akan datang menjemput jam 07:30 pagi di lobby hotel. Berhubung perjalanan menuju Mutianyu diperkirakan sekitar 4 jam perjalanan oleh karena itu dari awal dia uda memperingatkan kami agar tidak terlambat.

Sehingga dapat menikmati perjalanan tanpa harus terburu-buru. Sebelum berangkat kami sarapan terlebih dahulu. Saat ini menunjukkan jam 07:00. Tapi matahari belum juga menunjukkan diri. Sehingga kelihatannya masih subuh bangat. Padahal uda pagi loh.

Ming Tombs

Pemandu kami, namanya Joanna datang tepat pada waktu nya. Ternyata peserta nya hanya kami saja. Benar-benar private tour dech. Orangnya baik, cantik dan inggrisnya bagus bangat. Setiap pertanyaan yang kami tanyakan akan dijelaskan sejelas-jelasnya oleh dia.

Dan seperti tipikal penduduk China pada umumnya mereka sangat fasih dan informatif jika menjelaskan mengenai sejarah bangsa mereka. Ini salah satu hal yang membuat saya merasa minder. Tujuan pertama perjalanan kami hari ini adalah Ming Tombs dan Mutianyu Great Wall.

Ming Tombs adalah makam para raja Dinasti Ming. Terletak di Changping County, sekitar 50 kilometer barat laut dari pusat Beijing, itu adalah sekelompok makam Dinasti Ming (1368-1644), dengan 13 kaisar dimakamkan di kompleks menyebarkan sekitar 15 mil persegi. Seluas lebih dari 120 kilometer persegi, tampak sangat spektakuler, dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2003.

Situs dari Dinasti Ming Tombs Imperial sangat hati-hati dipilih sesuai dengan prinsip-prinsip Feng Shui. Menurut sejarah, dimana terdapat roh jahat dan angin jahat turun dari Korea Utara dimana harus dibelokkan, sehingga kaki Pegunungan Jundu utara Beijing akhirnya terpilih sebagai lokasi yang terbaik.

Daerah ini 40 kilometer persegi – tertutup oleh pegunungan di lembah, udaranya sejuk , air tenang dan kebutuhan lainnya sesuai Feng Shui sangat sesuai untuk dijadikan pekuburan dari Dinasti Ming.

Di area komplek Ming Tombs terdapat toko dan galeri Jade atau Batu Giok. Kita diajak berkeliling dan membeli cinderamata disana. Disini juga terdapat restaurant dan harga paket tour sudah termasuk makan siang disini. Restaurantnya buka jam 11:30. Jadi kita punya waktu cukup banyak buat melihat-lihat kerajinan batu giok dan setelah itu makan siang.

Mutianyu Great Wall.

Sebenarnya ada 9 titik jalan masuk menuju great wall. Tapi yang paling sering dikunjungi adalah Badaling. Badaling merupakan pintu paling depan dan terdekat dari pusat kota Beijing. Oleh karena itu pada umumnya pemandu wisata paling mudah dan gampang jika membawa turis melalui pintu ini.

Badaling mempunyai nilai histori yang sangat tinggi dalam sejarah pembangunan Great Wall (berdasarkan cerita sang pemandu). Dan di Badaling kita dapat melihat great wall dengan shape meliuk-liuk seperti naga. Kayaknya saya bukan orang yang cocok untuk menceritakan kehebatan Great Wall ini.

Tapi walaupun demikian kami tetap keukeh memilih pintu Mutianyu untuk kami masuki daripada Badaling. Karena disini masih asri, wall nya masih utuh dan sepanjang perjalanan menuju ke Mutianyu kita dapat melihat kehidupan kampung/desa yang ada disana.

Jika datang pada musim semi atau panas akan dapat ditemui banyak penjual buah-buahan disepanjang jalan. Karena penduduk disekitar sini hidup dari bercocok tanam. Dan buah paling banyak yang dihasilkan dari daerah ini adalah plum.

ming tombs dan mutianyu great wall 1

Berpose di dalam cable car

ming tombs dan mutianyu great wall 2

ming tombs dan mutianyu great wall 3

ming tombs dan mutianyu great wall 4

ming tombs dan mutianyu great wall 5

Saya sangat puas dan senang berada di Ming Tombs dan Mutianyu Great Wall. Keduanya adalah tempat bersejarah dan kaya budaya yang pernah saya kunjungi. Nantikan kelanjutan cerita saya di halaman berikutnya.

 

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

6 thoughts on “Ming Tombs dan Mutianyu Great Wall”

      1. Oke terima kasih untuk informasinya.
        Sent from my BlackBerry®
        powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  1. Hello Sis, boleh tau paket tour yg sis ambil jatuhnya berapa harganya? Saya berencana bulan april ini kesana..Banyak di internet tour website yg menawarkan tour ke Mutianyu Greatwall dgn harga sekitar 75-100 dollar per orang. Sebaiknya apa saya pesan via web saja, atau dadakan setiba di hotel cari yg available ya? Saya akan tinggal di Novotel Sanyuan dekat airport. Terimakasih sebelumnya yaaa….

    1. hallo mbak vonny,
      waktu itu saya ambil one day tour melalui hotel Novotel, langsung pesan paket trip sesampainya check in di hotel.
      paket nya CNY 300/person sudah termasuk mobil, guide, supir, tol, bensin, makan siang, tiket masuk ming tombs dan mutianya great wall. Tapi paket ini diluar tips dan tiket cable car/slideway.

      Happy holiday yach mbak.

Leave a Reply