Surya Namaskara (Sun Salutation)

surya namaskara sun salutation

Surya Namaskar atau Sun Salutation adalah gerakan yoga yang sangat biasa dilakukan di kebanyakan bentuk yoga. Awalnya gerakan ini merupakan ritual penyembahan kepada Surya, dewa Veda surya. Surya adalah dewa Hindu surya dimana gerakan ini dilakukan dengan cara berkonsentrasi pada Matahari, untuk vitalisasi.

Makna dibalik Surya Namaskara.

Dalam pengajaran Hindu, matahari adalah “mata dunia” (loka chakshus) yang artinya melihat dan menyatukan semua sendiri, gambar dan jalan menuju ilahi.

Salah satu cara menghormati matahari adalah melalui “asana” urutan postur dinamis Surya Namaskara atau familiar disebut Sun Salutation. Namaskar dalam bahasa Sanskerta berasal dari Namas, yang berarti “untuk tunduk pada” atau “untuk dipuja.”

Tempat duduk kebijaksanaan para yogi ada di dalam hati, yang biasanya diasosiasikan dengan emosi kita, dan bukan otak. Dalam yoga, otak sebenarnya dilambangkan dengan bulan, yang memantulkan cahaya matahari tetapi tidak menghasilkan cahaya sendiri.

Ini jenis pengetahuan yang berharga untuk menangani urusan duniawi, dan bahkan perlu sampai batas tertentu untuk tahap yang lebih rendah dari latihan spiritual.

Dari pembahasan diatas saya mengambil kesimpulan bahwa Surya Namaskar adalah Tunduk dan Menyembah kepada Matahari. Seperti penjelasan sebelumnya pengertian matahari “mata dunia” adalah gambaran emosi kita. Emosi yang ditundukkan lebih rendah sehingga hati kita menjadi bersih.

Gerakan dalam Surya Namaskara.

Dalam melakukan Surya Namaskar terdapat 8 postur dasar, yaitu:

  • Tadasana (Mountain Pose)
  • Urdhva Hastasana (Upward Salute)
  • Uttanasana (Standing Forward Bend)
  • Lunge
  • Plank Pose
  • Chaturanga Dandasana (Four-Limbed Staff Pose)
  • Urdhva Mukha Svanasana (Upward-Facing Dog Pose)
  • Adho Mukha Svanasana (Downward-Facing Dog Pose)

Sumber : Wikipedia dan Yoga Journal.

Author: Adelina

I Love Yoga, Photograph and Travelling around the world (someday)

Leave a Reply